Mata Jadi Merah Karena Berenang? Ini Penyebab Utamanya

SEHAT | 13 Juni 2019 16:07 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu hal yang menyebalkan dan biasa terjadi ketika berenang adalah berubahnya mata menjadi merah. Kondisi ini biasa terjadi terutama ketika kamu tidak menggunakan kaca mata renang ketika menyelam.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention Amerika Serikat, salah satu penyebabnya mungkin karena hal-hal yang ada pada orang yang sedang berenang. Air kencing, sisa tinja, keringat, debu, deodoran, serta makeup bisa bercampur dengan air dan menyebabkan masalah ini.

Walaupun klorin biasanya disebar di kolam renang untuk membunuh kuman, namun adanya sejumlah kandungan itu membuat manfaat itu memudar. Masuknya sejumlah hal tersebut ke air kolam bisa mengurangi jumlah dan manfaat klorin serta menjadikannya kloramin.

Kolam renang yang memiliki bau kimia kuat biasanya merupakan kolam renang dengan kandungan klorin yang baik. Namun pada kolam yang bau kimianya menyengat, bisa jadi klorin yang ada telah berubah jadi kloramin.

Hal ini biasanya terjadi pada kolam renang di dalam ruangan karena ventilasi yang ada kurang baik. Lebih lanjut, hal ini biasanya tak hanya menyebabkan mata merah namun juga munculnya sejumlah dampak lain seperti:

- Iritasi hidung, batuk, dan bersin
- Memicu serangan asma
- Mata merah dan gatal
- iritasi kulit dan ruam

Untuk mencegah persebara kloramin ini, CDC mengatakan bahwa sebaiknya kamu tidak berenang ketika tengah diare. Selain itu juga disarankan untuk mandi sebelum berenang dan menggunakan penutup kepala serta jangan buang air kecil di kolam.

Baca juga:
Sejumlah Faktor yang Bisa Menyebabkan Perut Membuncit dan Cara Mengecilkannya
Ini Penyebab Mengapa Banyak Orang Sakit Setelah Liburan dan Cara Mengatasinya
Kendati Dianggap Sebagai Pengganti Rokok Tembakau, Rokok Elektrik Masih Membahayakan
Kenapa Sih Hidung Selalu 'Meler' Ketika sedang Mengonsumsi Makanan Pedas?
Ini Obat Termahal Dunia, Harganya Tembus Rp30,5 Miliar

(mdk/RWP)