4 Hal yang bikin wanita sulit mencapai orgasme

4 Hal yang bikin wanita sulit mencapai orgasme
SEHAT | 5 September 2016 19:25 Reporter : Sumber:

Merdeka.com - Banyak dari wanita yang tidak bisa mencapai orgasme ketika melakukan hubungan seksual. Hal ini adalah normal, kata terapis seks Kat Van Kirk, Ph.D. ÔÇťOrgasme dipengaruhi oleh berbagai faktor, mulai dari fluktuasi hormonal hingga pendapat kita mengenai hubungan dengan pasangan."

Tapi, bagaimana caranya Anda tahu bahwa orgasme Anda bukan lagi bisa dianggap sebagai sesuatu yang normal dan butuh bantuan terapis profesional. Van Kirk dan seksolog klinis Debra Laino, berkata, ada indikator-indikator nyata yang bisa dijadikan petunjuk. Di bawah ini adalah indikator-indikator itu.

Anda khawatir

Khawatir tentang ketidakmampuan orgasme, secara langsung dapat memengaruhi kemampuan untuk orgasme itu sendiri. Menghabiskan terlalu banyak waktu untuk memikirkan mengapa Anda tak kunjung mendapatkan orgasme akan membuat Anda stres dan kecewa, kata Laino. Tak hanya itu, stres juga bisa membuat Anda tak bisa menikmati hubungan seksual. Alih-alih terus memikirkan tentang orgasme, lebih baik fokus pada rangsangan sentuhan yang Anda dapat saat bercumbu dan bercinta dengan pasangan. Jika karena itu Anda akhirnya bisa mendapat orgasme, itu bagus. Jika tidak, setidaknya ada hal lain yang bisa membuat Anda senang.

Anda terus berpura-pura

Anda berpura-pura orgasme, mungkin agar tidak menyakiti hati pasangan. Tapi, hal itu tidak membantu Anda dan dia sama sekali. Ketimbang terus berpura-pura, Laino merekomendasikan Anda untuk mengeksplorasi tubuh Anda sendiri untuk mencari titik-titik mana yang menjadi titik sensitif Anda. Kemudian, Anda bisa membimbing pasangan untuk menyentuh bagian-bagian tersebut.

Anda merasa malu

Tak perlu malu jika Anda lama tak mendapat orgasme dan menurut Kirk, Anda harus membicarakan itu dengan pasangan. "Merasa malu membicarakan ketidakmampuan Anda mencapai orgasme dengan pasangan, mungkin adalah indikasi bahwa ada masalah komunikasi antara Anda berdua," kata Kirk. Berbicara dengan pasangan akan membantu Anda mengetahui stimulasi seperti apa yang Anda butuhkan untuk bisa mencapai puncak bersama-sama, kata Kirk lagi.

Anda rutin berhubungan seks tapi orgasme terakhir Anda terjadi lebih dari sebulan lalu

Ada banyak faktor yang memengaruhi kemampuan seseorang mencapai orgasme. Tapi, Anda sudah masuk zona berbahaya jika Anda melakukan hubungan seks sebulan sekali dan orgasme terakhir Anda terjadi dua bulan lalu, kata Laino. Atau, Anda berhubungan seks rutin beberapa kali seminggu tapi orgasme terakhir Anda terjadi beberapa minggu yang lalu. Mungkin, Anda hanya perlu rileks atau berkomunikasi dengan pasangan seperti saran-saran di atas. Tapi, jika saran-saran itu tak juga membantu, pertimbangkan untuk berkonsultasi dengan terapis.

Ditinjau oleh: dr. Adnan Yusuf (mdk/feb)

5 Masalah seksual yang dialami wanita setelah melahirkan

6 Alasan kenapa Mr P terasa nyeri setelah berhubungan intim

Kenapa masa PMS bikin libido seksual wanita meningkat?

8 Fakta mengejutkan tentang seks yang tidak semua orang tahu

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5