6 Penyebab Munculnya Rasa Gatal di Area Kewanitaan usai Bercinta

SEHAT | 23 Oktober 2019 00:39 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Terdapat berbagai kondisi yang bisa dialami wanita setelah sesi bercinta usai. Bisa saja terjadi kelelahan pada tubuhmu atau perasaan puas secara luar biasa yang kamu alami.

Berbagai masalah juga bisa kamu alami usai kamu selesai bercinta. Salah satunya adalah munculnya rasa gatal pada organ kewanitaan yang kamu alami usai bercinta.

Terdapat sejumlah kondisi yang bisa menyebabkan rasa gatal pada vagina setelah bercinta. Beberapa hal ini hanya bersifat sementara dan bisa menghilang dengan mudah namun beberapa membutuhkan penanganan.

"Banyak penyebab rasa gatal di vagina memiliki tanda yang serupa sehingga sulit untuk didiagnosis secara mandiri," terang Ebony Midcalf, MSPH, MSN, WHNP-BC, pada Refinery29.

"Oleh karena itu, sebaiknya mencari bantuan profesional untuk gejala yang muncul terus," sambungnya.

Walau begitu, terdapat sejumlah hal yang mungkin bisa penyebab umum munculnya rasa gatal ini. Dilansir dari Refinery29, berikut sejumlah hal yang menyebabkan munculnya rasa gatal di vagina setelah bercinta.

1 dari 6 halaman

Kurang Pelumas

Kondisi vagina yang terlalu kering ketika bercinta bisa menimbulkan munculnya rasa gatal dan iritasi. Hal ini juga dapat terjadi ketika kamu becinta dalam waktu lama terutama tanpa pelumas dan menggunakan kondom. Walau hal ini tidak tergolong masalah serius, namun bisa menimbulkan rasa tak nyaman.

2 dari 6 halaman

Alergi

Rasa gatal merupakan tanda umum adanya reaksi alergi dan terdapat banyak kemungkinan masalah ini terkait bercinta. Terdapat sejumlah hal yang bisa menyebabkan kamu mengalami alergi seperti lateks, pelumas khusu, atau juga karena sperma.

3 dari 6 halaman

Menggunakan Produk Penyebab Iritasi

Tidak hanya ketika bercinta, usai bercinta ada kemungkinan kamu menggunakan produk yang menimbulkan terjadinya iritasi. Beberapa hal yang bisa menyebabkan terjadinya masalah ini adalah pembersih area kewanitaan atau juga deterjen yang menempel di celana dalam.

4 dari 6 halaman

Infeksi Jamur atau Bakteri

"Bercinta bisa mengganggu PH alami tubuh dan berujung infeksi jamur atau bakteri. Beberapa orang lebih rentan mengalami masalah ini terutama ketika bercinta dibanding dengan orang lain sehingga perlu pengobatan yang tepat.

5 dari 6 halaman

Penyakit Menular Seksual

Rasa gatal bisa jadi tanda dari sejumlah penyakit menular seksual yang kamu alami. Beberapa penyakit yang bisa terjadi adalah herpes, gonorrhea, jamur, chlamydia, serta trichomoniasis.

6 dari 6 halaman

Kondisi Kesehatan Kulit

Kondisi kesehatan kulit bisa berdampak pada vulca serta bagian tubuh lain. Beberapa kondisi kulit seperti ruam, lichen sclerosis, atau lichen planus bisa menjadi penyebab dari hal ini.

Sejumlah masalah kesehatan tersebut bisa jadi penyebab munculnya rasa gatal di area kewanitaan usai bercinta. Sebaiknya hindari sejumlah masalah tersebut untuk menyingkirkan rasa tak nyaman ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
Cara Mengatasi Munculnya Keringat Berlebihan di Sekitar Area Kewanitaan
5 Kondisi yang Terjadi pada Area Kewanitaan Ketika Sudah Menopause
5 Cara Atasi Bau Tak Sedap pada Organ Intim Wanita
5 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Organ Kewanitaan Mengering
8 Hal yang Bisa Menyebabkan Organ Kewanitaan Jadi Kesemutan Hingga Mati Rasa