7 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Usai Bercinta demi Kesehatan Organ Kewanitaan

SEHAT | 7 September 2019 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bercinta memang merupakan saat-saat yang menyenangkan dan membuat kamu melupakan berbagai macam hal. Namun ada satu hal yang tak boleh kamu lupakan yaitu menjaga kebersihan diri.

Ketika terlewat menjaga kebersihan diri terutama pada organ intim kewanitaan, pada sesi bercinta berikutnya bukan kenikmatan namun malah masalah yang bisa kamu alami. Mulai dari iritasi vagina hingga infeksi saluran kemih bisa kamu alami jika kamu tidak berhati-hati menjaga kebersihan organ tersebut.

Salah satu waktu yang paling penting dalam menjaga kebersihan dan kesehatan wanita adalah pada saat usai bercinta dengan suami. Pada saat itu, jangan langsung terlelap tidur karena terdapat sejumlah hal yang penting untuk kamu lakukan.

Melakukan sejumlah hal ini bisa membuat vagina yang kamu miliki menjadi aman dan terhindar dari sejumlah potensi masalah kesehatan. Dilansir dari Health24, berikut sejumlah hal yang penting kamu lakukan usai bercinta.

1 dari 7 halaman

Segera Buang Air Kecil

Walaupun kadang kamu tidak kebelet, penting untuk mencoba buang air kecil usai bercinta.

"Ketika kamu bercinta, bakteri dari rektum yang jaraknya sangat dekat dengan urethra dan vagina bisa mendekat ke urethra sehingga menyebabkan infeksi, terutama pada wanita yang rentang mengalami infeksi saluran kencing," terang Dr. Alyssa Dweck, dokter kandungan dari Westchester, New York.

"Urine bisa mengilangkan bakteri yang secara mekanis berada di ujung urethra," sambungnya.

2 dari 7 halaman

Konsumsi Jus Cranberry

Konsumsi makanan atau minuman berbahan cranberry penting dilakukan terutama pada wanita yang rentan mengalami infeksi saluran kencing. Konsumsi konsentrat cranberry sehari sekali dalam bentuk pil atau gummy bisa membantu mencegah infeksi saluran kemih. Hanya saja hindari gula berlebih terutama ketika kamu mengonsumsinya dalam bentuk jus.

3 dari 7 halaman

Bilas

Usai bercinta, pastikan untuk membersihkan area kewanitaan baik dengan tisu atau bilas jika bisa.

"Pelumas serta bakteri dari jari, mulut, dan rektum bisa meningkatkan perluangnya mengalami infeksi jamur atau bakteri," terang Dr. Sherry Ross, pakar kandungan daru Santa Monica, California.

Dr. Ross menyarankan untuk menggunakan sabun bebas pewangi untuk area kewanitaan. Selain itu kamu bisa juga mengusapnya dengan kain yang diberi air hangat lalu cuci menggunakan air dan sabun dari depan ke belakang. Jangan cuci bagian dalam vagina karena bisa malah berbahaya.

4 dari 7 halaman

Rendam dalam Air

Usai membilas bagian area kewanitaan, kamu bisa berendam untuk mengurangi masalah kesehatan. Dr. Ross menyebut bahwa cara ini bisa menghidrasi kulit luar bagina dan mengatasi masalah bengkak atau iritasi pada vagina. Cara ini juga disebutnya mampu menurunkan risiko infeksi.

5 dari 7 halaman

Lepas Celana Dalam

Usai bagian kewanitaan bersih, untuk mencegah infeksi kamu bisa menggunakan celana dalam berbahan katun dan baju tidur longgar. Namun cara terbaik adalah dengan tidur tanpa celana dalam untuk mengoptimalkan sirkulasi udara dan mencegah munculnya bakteri.

6 dari 7 halaman

Minum Air

Jika kamu berkeringat secara berlebih saat bercinta, maka disarankan untuk mengonsumsi air setelahnya. Asupan air yang cukup di tubuhmu bisa membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan dan mencegah munculnya bakteri yang bisa menyebabkan infeksi di vagina.

7 dari 7 halaman

Konsumsi Makanan Kaya Probiotik

Pilihan makanan usai bercinta juga penting untuk menjaga kesehatan vagina.

"Yoghurt, kimchi, kombucha, dan makanan fermentasi lainnya memiliki bakteri baik yang sama dengan di dalam vagina," terang Dr. Kelly Kasper, pakar kandungan di Indiana University Health.

Mengonsumsi makanan ini setelah bercinta bisa memperbanyak bakteri baik yang ada di dalam tubuh. Cara ini juga bisa mengurangi risiko yang mungkin terjadi akibat infeksi jamur. (mdk/RWP)

Baca juga:
Begini Cara Mengatasi Otot Organ Kewanitaan yang Mengendur
4 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dari Peremajaan Organ Kewanitaan
Antisipasi Masalah, Begini Cara Cek Kesehatan Organ Kewanitaan Secara Mandiri
Begini Cara untuk Mengatasi Munculnya Aroma Tak Sedap dari Arema Kewanitaan
Sejumlah Hal yang Penting Diketahui Terkait Rasa Gatal di Organ Kewanitaan
Ternyata Banyak Orang Yang Tidak Mengetahui di Mana Letak Organ Intim Wanita
10 Jenis Bercak yang Biasa Ditemui di Celana Dalam dan Artinya bagi Kesehatanmu