Agar Lebih Mudah Punya Momongan, Harus Seberapa Sering Pasangan Bercinta?

Agar Lebih Mudah Punya Momongan, Harus Seberapa Sering Pasangan Bercinta?
SEHAT | 12 Juli 2020 15:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Memiliki momongan merupakan salah satu harapan bagi hampir semua pasangan suami-istri. Hanya saja tak semua pasangan bisa langsung memiliki momongan dengan cara mudah.

Salah satu hal yang penting diketahui bila kamu ingin memiliki momongan adalah mengenai seberapa sering sebaiknya kamu bercinta. Bercinta secara rutin terutama di masa subur merupakan kunci agar kamu cepat hamil.

Dilansir dari The Health Site, sebuah penelitian menyebutkan bahwa secara rata-rata pasangan bercinta sebanyak 78 kali sebelum mendapat hasil positif. Jumlah ini diperkirakan ditempuh selama 158 hari atau 6 bulan.

Penelitian tersebut menemukan bahwa sebagian pasangan yang berusaha hamil bakal bercinta 13 kali dalam sebulan. Walau begitu, bercinta terlalu sering sebenarnya tidak semenyenangkan yang dibayangkan.

Pada penelitian tersebut, banyak pasangan yang mengaku bahwa bercinta hanya sekadar pekerjaan rumah tangga mereka. Hal ini kemudian membuat kebahagiaan saat bercinta jadi menurun.

1 dari 1 halaman

Waktu Terbaik untuk Bercinta

Masa subur merupakan waktu terbaikt bercinta jika kamu ingin hamil. Masa subur ini terhitung luma hari sebelum hingga hari ovulasi. Pada masa ini, kemungkinan hamil seseorang bakal meningkat ketika bercinta.

Ovarium bakal melepaskan sel telur yang matang selama ovulasi. Ketika kamu bercinta pada masa ini, sprema lebih mudah bertemu dengan sel telur sehingga meningkatkan peluang kehamilan.

Sperma pria disebut bisa bertahan hingga lima hari di saluran reproduksi wanita. Hal ini menyebabkan sebaiknya bercinta sebelum ovulasi dan bukan setelahnya.

Untuk mengetahui masa subur dan ovulasi, gunakan sistem kalender menstruasi. Hal ini juga bisa kamu lakukan menggunakan aplikasi yang menghitung menstruasi dan masa subur.

Berlawan dengan pendapat umum, bercinta lebih dari satu kali sehari bisa menurunkan jumlah sperma sehat. Jika ingin memiliki anak, sebaiknya bercinta tiga hingga empat kali seminggu di masa subur. Hal ini bisa meningkatkan peluang kehamilan dengan cukup drastis. (mdk/RWP)

Baca juga:
Suka Menonton Film Bencana Bisa Membuat Seseorang Lebih Kuat Menghadapi Pandemi
Dokter Ungkap Banyak Perokok Baru Mau Berhenti Setelah Sakit
5 Manfaat yang Bisa Diperoleh Wanita ketika Rutin Memijat Payudara
Mengapa Banyak Orang yang Enggan Menerapkan Protokol Kesehatan COVID-19?
Masalah Tidur saat Bayi dan Balita Bisa Sebabkan Masalah Mental saat Remaja
Apa Sih Sebenarnya Fungsi Bulu Ketiak dan Apa Perlu Mencukurnya?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami