Benarkah Bercinta Bisa Membantu Membakar Banyak Kalori?

SEHAT | 17 November 2019 00:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Selama ini bercinta dianggap sebagai sebuah cara yang efektif untuk membakar kalori. Sesi bercinta yang panas bisa membuat tubuh menjadi berkeringat dan banyak bergerak.

Banyaknya keringat serta gerakan yang terjadi ini sering menyebut bahwa banyaknya kalori terbakar ketika bercinta. Benarkah?

Dilansir dari Times of India, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa bercinta bisa membantu untuk membakar kalori. Walau begitu, kegiatan ini juga tidak bisa menjadi pengganti olahraga.

Ketika bercinta, jumlah kalori yang terbakar sangat tergantung pada sejumlah faktor. Beberapa yang paling berpengaruh adalah berat badan serta intensitas bercinta yang kamu lakukan.

1 dari 2 halaman

Jumlah Kalori yang Terbakar Saat Bercinta

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal PLOS One mengungkap jumlah kalori yang dibakar dari aktivitas seksual yang intens. Pada pria dan wanita, jumlah kalori yang dibakar saat bercinta juga berbeda.

Pada sesi bercinta selama 25 menit, wanita secara rata-rata membakar 69 kalori. Sedangkan pada pria, jumlahnya lebih besar yaitu 100 kalori. Perbedaan ini sangat tergantung dengan seberapa panas sesi bercinta yang dilakukan.

Diketahui bahwa pria membakar 4,2 kalori per menit selama bercinta sedangkan wanita hanya 3,1 kalori. Jumlah ini tentu sangat jauh di bawah sesi olahraga serius yang kamu lakukan. Hanya saja, hal ini setara dengan berjalan selama 30 menit.

2 dari 2 halaman

Pada Kenyataannya, Tak Banyak Kalori Terbakar

Sayangnya, secara rata-rata seseorang hanya bercinta selama enam menit. Sedangkan jumlah kalori yang terbakar cukup banyak tadi dihitung ketika sesi bercinta tercinta selama 25 menit.

Perbedaan jumlah menit yang cukup besar ini menurunkan jumlah kalori yang terbakar secara drastis. Sebuah penelitian lain yang dipublikasikan pada New England Journal of Medicine memperkirakan bahwa seseorang membakar sekitar 15-20 kalori ketika bercinta.

Terbakarnya kalori yang terjadi ini juga sangat tergantung dari satu orang ke orang lain. Oleh karena itu, penting untuk melakukan banyak penyesuaian dan tidak menganggap bercinta sebagai cara yang mudah untuk membakar kalori dan menurunkan berat badan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Sejumlah Masalah yang Biasa Dialami Pria Ketika Buang Air Kecil Usai Bercinta
4 Titik pada Tubuh Pria yang Bisa Membantu Meningkatkan Gairah Seksual
Tidak Hanya Pria, Wanita Ternyata Juga Bisa Mengalami Ereksi di Pagi Hari
Penggunaan Pil Pengembali Keperawanan Serta Risiko Kanker di Baliknya
8 Alasan Mengapa Kamu Sebaiknya Bercinta pada Pagi Hari