Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?

SEHAT | 13 Desember 2018 00:12 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika sedang berdiet, benarkah segala organ di tubuh benar-benar mengecil? Atau apakah terdapat bagian tubuh tertentu yang dapat dipertahankan besarnya?

Hal inilah yang kerap dialami wanita ketika ingin mengecilkan tubuhnya namun tak ingin kehilangan volume dari payudara. Dilansir dari Her, Angela Fitch, M.D., dari Weight Loss Center di University of Cincinnati menjelaskan bahwa apakah payudara bakal turut mengecil bersama dengan bobot tubuh yang berkurang ini.

Fitch menjelaskan bahwa sesungguhnya kita tidak dapat mengubah di mana beban berkumpul pada bagian tubuh yang kita miliki.

"Karena pada tubuh, kita hanya dapat dapat mengamati di mana saja beban itu berada pada bagian yang terlihat mata. Itulah mengapa kita lebih menyadarinya dibanding pada bagian belakang tubuh," jelas Fitch.

"Lemak tubuh akan berkurang pada bagian tertentu tanpa ada bagian khusus di mana itu akan berkurang," sambungnya.

Terkait bentuk payudara yang menonjol, Finch menyebut bahwa hal ini disebabkan karena berat dan juga tak dapat ditentukan apakah volume di dalamnya bakal berkurang.

"Terkadang, payudara akan memiliki lebih banyak lipatan tonjolan dibanding paha karena mereka lebih berat sehingga gravitasi menariknya ke bawah," ujar Finch.

"Akan tetapi kecepatan juga tidak berpengaruh, Ketika kamu kehilangan lebih banyak berat, kamu akan memiliki kulit yang lebih kendur," imbuhnya.

Akan tetapi, tetap terdapat cara untuk membuat payudara bertahan tetap kencang. Cara tersebut adalah melalui latihan angkat beban yang dilakukan.

"Selama proses mengurangi berat badan, kami selalu merekomendasikan latihan angkat beban. Olahraga kardio membantu membakar lemak, namun angkat beban membantu meningkatkan metabolisme," jelas Finch.

"Jika kamu kehilangan berat badan, metabolismemu akan menurun dan membentuk otot bakal membantu mengembalikannya," terangnya.

Dapat dipastikan ketika melakukan diet, ukuran payudara bakal mengecil. Namun dengan olahraga yang tepat maka kondisinya bakal kembali baik seperti sedia kala dan mengencang.

Baca juga:
Benarkah pasta gigi bisa memperbesar payudara?
Sederet penyebab puting susu terasa gatal
Ukuran payudara tidak berpengaruh pada kepuasan bercinta
Skoliosis bisa menyebabkan payudara terlihat besar sebelah
Berjalan di catwalk sambil menyusui, model ini picu perdebatan
Beberapa alasan puting wanita lebih bervariasi
Ternyata ini penyebab utama wanita punya payudara kecil

(mdk/RWP)