Benarkah Rambut Kemaluan Tumbuh Lebih Cepat Dibanding Rambut di Kepala?

SEHAT | 16 Juni 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Satu hal yang biasa kamu rasakan mengenai bulu di bagian bawah atau secara khusus bulu kemaluan adalah kecepatan tumbuhnya yang luar biasa. Hal ini biasanya bakal kamu rasakan setelah mencukurnya. Berbeda dari rambut di kepala, rambut di bagian bawah biasanya terasa tumbuh jauh lebih cepat. Benarkah?

Keberadaan rambut di sekitar kemaluan sendiri dimaksudkan sebagai 'bantalan' dari gesekan yang mungkin muncul dan menyebabkan lecet pada kulit. Manfaat kedua dari rambut ini adalah untuk melindungi area paling vital di rubuh dari kuman dan bakteri.

Walau kita sering merasa bahwa rambut ini tumbuh lebih cepat, namun yang terjadi sebenarnya tidak seperti itu. terasa cepatnya pertumbuhan rambut ini disebabkan karena perasaan kita sendiri.

Dilansir dari Times of India, terdapat dua hal yang bisa jadi penyebab mengapa kita merasa rambut tersebut tumbuh lebih cepat. Pertama, kita biasa menaruh perhatian lebih besar pada rambut di bagian tersebut.

Kedua, karena jumlah rambut yang tak banyak di bagian tersebut sehingga kita cenderung lebih memperhatikannya. Sebagai contoh, jika kamu baru saja mencukur gundul rambutmu, maka tumbuhnya rambut bakal sangat menarik perhatian.

Secara umum, pertumbuhan rambut di tubuh seseorang mengikuti tiga tahan dalam siklus kehidupan. Tahapan ini adalah tumbuh, stagnasi, dan rontok.

Pada rambut kemaluan, butuh waktu setidaknya sebulan atau lebih hingga rambut ini berhenti tumbuh. Sedangkan pada rambut di bagian kepala, rambut bisa tumbuh dalam jangka waktu lebih lama. Hal ini menyebabkan rambut kemaluan tak bakal tumbuh sepanjang rambut di kepala.

Baca juga:
5 Mitos tentang rambut kemaluan ini jangan dipercaya!
Mengapa bulu tumbuh di satu tempat, namun tidak di tempat lainnya?
Ladies, ini manfaat TIDAK cukur bulu kemaluan bagi aktivitas seksual
Ini bahaya mencukur bulu kemaluan bagi wanita
Pentingkah mencukur bulu kemaluan bagi pria?

(mdk/RWP)