Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan Pria untuk Mencapai Orgasme Selanjutnya?

SEHAT | 5 September 2019 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika dirimu sedang terbawa dengan serunya dan semangat bercinta, kadang kamu ingin melakukannya terus-menerus dan berkali-kali. Namun usai kamu mencapai orgasme, maka kadang perasaan untuk bercinta kembali menguap begitu saja.

Bagi wanita, orgasme yang terjadi berkali-kali dalam satu sesi bercinta adalah hal yang mungkin. Namun bagi pria, mengalami orgasme secara berulang terutama dalam jarak yang dekat mungkin sesuatu yang tidak begitu umum.

Usai mengalami orgasme atau ejakulasi seorang pria membutuhkan waktu untuk mengisi tenaga mereka kembali. Lalu berapa lama waktu yang sebenarnya dibutuhkan pria sebelum bisa kembali bercinta dan mencapai orgasme selanjutnya?

Dilansir dari Greatist, pakar bedah urologis, Jamin Brambhatt menyebut bahwa periode refraktori pria atau waktu antara orgasme bisa terjadi beberapa menit maupun hari. Usai bercinta, penis bakal menjadi lembek karena saraf otak yang menyuruh tubuhmu untuk santai terutama pada organ tubuh yang baru saja bekerja keras.

1 dari 4 halaman

Tubuh Membutuhkan Waktu untuk memulai Ulang

Sama seperti komputer atau mesin, tubuh juga membutuhkan waktu untuk memulai ulang. Usai mengalami rasa tegang, tubuh membutuhkan istirahat untuk memulai lagi semuanya.

Setelah orgasme, dopamin dan testosteron pria bakal menurun drastis sedangkan serotonin dan prolactin meningkat.

2 dari 4 halaman

Waktu Pemulihan Berbeda

"Jika tingkat prolactin menurun, periode refraktori bakal lebih pendek," terang pakar hubungan seksual, Antonia Hall.

"Variabel lain termasuk stres dan tingkat energi, tingkat kesenangan, serta konsumsi obat dan alkohol termasuk antidepresan dan resep obat lain dapat menghalangi keinginan seksual," sambungnya.

Waktu pemulihan antara seseorang dengan orang lain juga tergantung dari usia dan kesehatan.

3 dari 4 halaman

Waktu Berbeda Seiring Usia

"Secara umum, seseorang pada usia 20-an sering hanya membutuhkan beberapa menit, sedangkan pria pada usia 30-an dan 40-an mungkin membutuhkan antara 30 menit hingga 1 jam," jelas Xanet Pailet, pakar seks.

Banyak faktor yang memengaruhi periode refraktori ini berada di luar kontrol pria. Namun Pailet mengungkap bahwa terangsang secara ekstrem bisa memperpendek periode refraktori ini.

4 dari 4 halaman

Disarankan Pelajari Mengontrol Ejakulasi

Mampu mengontrol orgasme yang kamu alami bisa menjadi awal untuk mengendalikan masa pemulihan ini.

"Rekomendasi terbaik untuk pria yang ingin melakukan seks berkali-kali dalam periode singkat adalah mempelajari cara mengotrol ejakulasi yang membuat mereka mampu untuk mengalami orgasme tanpa ejakulasi," terang Pailet.

Kontrol ejakulasi dapat dilakukan melalui latihan pernapasan. Cara ini juga bermanfaat untuk membuat tubuhmu menjadi lebih sehat yang berarti kamu bisa lebih mudah pulih dan lebih cepat untuk mengalami orgasme selanjutnya. (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Hal yang Penting Kamu Perhatikan Agar Sesi Bercinta Jadi Bebas Masalah
7 Cara yang Bisa Buat Pria Jadi Lebih Tangguh Ketika di Atas Ranjang
Begini Cara Mengatasi Otot Organ Kewanitaan yang Mengendur
4 Manfaat yang Bisa Kamu Peroleh dari Peremajaan Organ Kewanitaan
Impotensi yang Dialami Pria Ternyata Bisa Berbuntut Panjang Hingga Pekerjaan