Bisakah Bercinta Jadi Jalan bagi Seseorang untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh?

Bisakah Bercinta Jadi Jalan bagi Seseorang untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh?
SEHAT | 8 April 2020 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Untuk mencegah masuknya berbagai penyakit ke dalam tubuh, sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang harus diperhatikan. Untuk mencegah sistem imun atau kekebalan tubuh, gaya hidup sehat dan pola makan tepat merupakan hal yang penting untuk dilakukan.

Sejumlah mitos juga melingkupi cara meningkatkan dan mempertahankan kekebalan tubuh ini. Salah satunya adalah bahwa bercinta bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Benarkah?

Dilansir dari Refinery29, mengungkap bahwa sejumlah penelitian menerangkan bahwa orang yang bercinta secara rutin sekali atau dua kali seminggu memiliki tingkat immunoglobulin lebih tinggi. Hal ini merupakan molekul yang diproduksi oleh sel darah putih yang penting untuk respons imun.

Hal ini diperkirakan terjadi karena akivitas fisik yang terjadi. Penelitian lain mengungkap bahwa olahraga bisa meningkatkan immunoglobulin.

Namun sayangnya frekuensi bercinta yang semakin sering tidak membuat seseorang mengalami peningkatan immunoglobulin lebih tinggi. Peneliti mengungkap bahwa semakin seringnya pasangan bercinta ini disebabkan karena kecemasan pada hubungan mereka dan rasa stres ini bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh.

1 dari 2 halaman

Belum banyak bukti yang menerangkan bagaimana bercinta bisa berdampak signifikan terhadap masalah seperti demam, flu, atau penyakit karena virus lainnya.

"Terdapat sangat sedikit penelitian yang mengungkap bahwa zat kimia yang berhubungan dengan sistem imum tubuh terdampak oleh rangsangan seksual," terang Gail Saltz, MD, dari New York-Presbyterian Hospital Weill-Cornell School of Medicine.

"Berdasar pengetahuan saya, tidak ada penelitian yang mengungkap secara spesifik bahwa masturbasi (atau bercinta) bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam pencegahan atau melawan infeksi," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Tidak Berpengaruh pada Imun Namun Ada Manfaat Lain

Secara langsung, hanya sedikit bukti yang menyebut bahwa hal ini bisa meningkatkan kekebalan tubuh. Namun, tentu saja banyak manfaat kesehatan lain yang bisa diperoleh dari bercinta.

"Hal ini dapat jadi olahraga dan meningkatkan kesehatan kardiovaskulat serta menurunkan tekanan darah. Bercinta secara rutin juga bisa memperkuat dinding pinggul yang bisa membantu mengatur kandung kemih," terang pakar kesehatan seksual, Elenaor Draeger.

"Orgasme berhubungan dengan dilepasnya endorfin serta serotonin yang dapat membantu untuk mengurangi rasa sakit termasuk kram menstrual," sambungnya.

Berdasar penelitian di University of Ottawa, bercinta juga terbukti bisa membantu meningkatkan tidur. Hal ini membantu seseorang menjadi lebih santai dan bisa membuat seseorang yang mengalami insomnia tidur lebih nyenyak. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Cara Ampuh Mengatasi Peradangan serta Kondisi Kering pada Organ Kewanitaan
Ada yang Menonjol di Balik Celana Pria Setiap Pagi Namun Bukan Bakat, Ini Alasannya
9 Tips Foreplay yang Bisa Bikin Suami jadi 'Klepek-Klepek'
7 Hal yang Bisa Dilakukan Pria Terhadap Payudara Pasangan ketika Bercinta
7 Jenis Gangguan Seksual yang Aneh tapi Nyata Bisa Dialami Seseorang
Tubuh Menggelinjang Hingga Jari Kaki Menekuk, Mengapa Bisa Terjadi Saat Orgasme?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami