Ini Penyebab Mengapa Puting Payudara Wanita Bisa Mengeras di Waktu Tertentu

Ini Penyebab Mengapa Puting Payudara Wanita Bisa Mengeras di Waktu Tertentu
Ilustrasi puting payudara. idiva.com
SEHAT | 22 Januari 2021 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi yang dialami di sekitar tubuh seseorang bisa mengakibatkan sejumlah perubahan. Hal ini juga bisa dialami pada puting payudara wanita.

Gesekan yang dialami oleh puting atau pada saat suhu udara dingin bisa menyebabkan terjadinya hal ini. Mengapa kondisi ini bisa terjadi?

Terdapat sejumlah hal berbeda pada masing-masing orang yang bisa menyebabkan puting payudara jadi mengeras.

"Di bawah puting dan areola (area yang berada di sekitar puting), terdapat otot kecil yang berkontraksi dan menarik kulit sehingga menekan puting keluar," terang Michelle Lee, M.D., dokter bedah plastik di Beverly Hills, California dilansir Health.

"Bagian saraf simpatetik di dalam jaringan saraf tubuh ini yang membuat kulit merinding dan telapak tangan berkeringat, mengirimkan sinyal pada saraf pada bagian otot kecil ini yang menyebabkannya berkontraksi," terang dr. Lee.

Stimulasi yang dialami oleh bagian payudara ini mungkin bersifat seksual. Terutama karena bagian puting sangat sensitif terhadap sentuhan fisik maupun psikologis.

"Hal ini menyebabkan otot di puting menegang, sama seperti efek yang muncul pada bagian genital," terang Heather Irobunda, M.D., dokter kandungan di Queens, NY.

Sebuah penelitian menemukan bahwa stimulasi puting pada wanita mengaktifkan korteks sensori genital. Bagian ini merupakan bagian yang sama dan bisa aktif karena stimulasi klitoris, vagina, dan serviks.

Baca Selanjutnya: Bisa Diakibatkan Udara Dingin...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami