Kejantanan Terasa Panas Saat Bercinta, Ini Mungkin Penyebabnya

Kejantanan Terasa Panas Saat Bercinta, Ini Mungkin Penyebabnya
Ilustrasi pria orgasme. ©shutterstock.com/Gencay M. Emin
SEHAT | 18 Agustus 2022 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak masalah yang bisa dialami oleh seorang pria ketika bercinta. Mulai dari kejantanan yang loyo, kurang gairah, atau mungkin kondisi kejantanan yang panas dan terasa seperti terbakar.

Kondisi rasa terbakar ini tentu memunculkan gangguan dan rasa tak nyaman. Hal ini bisa semakin buruk ketika rasa panas tak kunjung hilang setelah beberapa waktu.

Ketika mengalami kondisi ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah berkonsutasi ke dokter. Dengan penanganan yang tepat, kondisi ini tidak bakal kamu alami lagi.

Dilansir dari Men's Health, Jamin Brahmbhatt, M.D, spesialis urologi dan kesehatan pria mengungkap berbagai penyebab munculnya rasa ini. Berikut juga cara penanganannya yang perlu kamu ketahui.

2 dari 5 halaman

Masalah Kulit pada Pria yang Belum Sunat

"Pria dengan ujung kulit yang memiliki fimosis (kulit depan yang sulit mundur) bisa mengalami masalah rasa terbakar ketika bercinta jika mereka tidak menggunakan cukup pelumas atau ketika melakukan penetrasi pada vagina yang tidak terlumasi dengan baik," terang Brahmbhatt.

Cara Mengatasinya: Pastikan untuk cukup menggunakan pelumas saat bercinta. Cara ini bisa cukup ideal mencegah munculnya masalah serupa.

3 dari 5 halaman
kejantanan terasa panas saat bercinta, ini mungkin penyebabnya

Terlalu Banyak Bercinta

"Sejumlah pria bisa merasa terbakar pada bagian dasar falus (dekat uretra) jika mereka bercinta lebih lama dibanding biasanya," terang Brahmbhatt.

"Jika kamu ejakulasi beberapa kali dalam waktu yang singkat, hal ini bisa menyebabkan sensasi terbakar. Tubuh tidak terbiasanya mengalaminya sehingga mungkin mengalami sesnsasi 'perih' ini," sambungnya.

Cara Mengatasinya: Ketika banyak bercinta, pastikan untuk menggunakan cukup pelumas. Hal ini bisa meredakan rasa panas akibat gesekan. Kamu juga harus membatasi jarak antar ejakulasi agar penis tidak sakit.

4 dari 5 halaman

Penyumbatan Lubang Kencing

"Alasan lain pria mengalami rasa terbakar selama dan sesudah ejakulasi adalah karena adanya penyempitan, atau penyumbatan di urethreaa," terang Brahmbhatt.

Munculnya penyumbatan ini menyebabkan tidak semua air mani bisa keluar secara bebas. Hal ini juga menyebabkan masalah ketika kencing. Sejumlah hal bisa menjadi penyebabnya seperti trauma atau cedera di urethra, kanker, penyakit menular seksual, serta terapi radiasi.

Cara Mengatasinya: Segera konsultasi dengan urolog untuk mengetahui penyebab masalahmu.

5 dari 5 halaman
kejantanan terasa panas saat bercinta, ini mungkin penyebabnya

Penyakit Menular Seksual

"Sejumlah pria bisa mengalami rasa panas ketika buang air atau bercinta jika mereka memiliki penyakit menular seksual," terang Brahmbhatt.

Ketika mengalami masalah ini, terdapat berbagai gejala lain yang mungkin kamu alami. Gejala ini termasuk munculnya rasa sakit, demam, serta kelelahan.

Cara Mengatasinya: Segera hubungi dokter untuk melakukan tes serta pengobatan masalah ini. Pastikan juga untuk berhenti bercinta sementara waktu agar tidak menulari masalah ini kepada pasangan. (mdk/RWP)

Baca juga:
Menurut Dokter Boyke, Ini Titik G-spot Wanita yang Perlu Diketahui Pria
Hendak Jaga Keperkasaan, Ini Hal yang Harus Dilakukan Pria
3 Masalah Kesehatan yang Rentan Dialami oleh Pria Akibat Kurang Tidur
4 Makanan yang Bisa Mengubah Rasa di Organ Kewanitaan
10 Manfaat Luar Biasa dari Bercinta saat Hamil
Ketahui Manfaat Sunat dalam Meningkatkan Kualitas Kehidupan Seksual

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini