Pakai Bra Ternyata Buat Payudara Kamu Lebih Kendur

SEHAT | 17 Desember 2018 13:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orang yang percaya bahwa penggunaan bra dapat menjaga kondisi payudara wanita tetap indah dan tak kalah termakan gravitasi. Namun sebuah penelitian mengungkap bahwa alih-alih menyokong, penggunaan payudara justru bisa membuat payudara mengendur.

Dilansir dari Her,sebuah penelitian yang dilakukan selama 15 tahun mengungkap bahwa penggunaan bra ternyata tak mencegah payudara mengendur. Sebaliknya, bra justru malah bisa membuat bentuk payudara menjadi kendur dan menurun.

Peneliti dari Universitas Besançon di Perancis mengungkap bahwa penggunaan bra ini justru dapat membuat payudara mengendur. Pasalnya, bra ternyata bisa membuat otot yang menyokong payudara malah melemah.

Profesor Rouillon menggunakan mistar hitung dan caliper (perangkat yang digunakan untuk mengukur jarak antara dua sisi berlawanan dari objek) untuk mengetahui perubahan dada wanita. Pengukuran ini dilakukan berturut-turut selama 15 tahun di Centre Hospitalier Universitaire, Besançon.

Partisipan pada penelitian tersebut dilakukan terhadap wanita dengan rentang usia 18 hingga 35 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa wanita yang tak pernah menggunakan bra ternyata posisi putingnya secara rata-rata lebih tinggi tujuh milimeter dibanding pengguna bra. Penilaian ini dengan melihat jarak rata-rata antara puting dengan pundak dari wanita tersebut.

"Secara medis, psikologis, dan anatomis, payudara tidak mendapatkan manfaat dari penggunaan bra. Sebaliknya, payudara menjadi lebih kendur ketika menggunaan bra," tutur professor Rouillon.

Sebelumnya, terdapat beberapa penelitian yang mengungkap manfaat mengenai membatasi jam penggunaan bra.

Baca juga:
Benarkah Payudara Bakal Ikut Mengecil Ketika Berat Badang Berkurang?
Benarkah pasta gigi bisa memperbesar payudara?
Sederet penyebab puting susu terasa gatal
Ukuran payudara tidak berpengaruh pada kepuasan bercinta
Skoliosis bisa menyebabkan payudara terlihat besar sebelah
Berjalan di catwalk sambil menyusui, model ini picu perdebatan

(mdk/RWP)