Media Sosial Membuat Seorang Ibu Milenial Lebih Rentan Alami Kecemasan

SEHAT | 10 Desember 2019 14:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Media sosial bisa menjadi suatu sarana hiburan dan berkomunikasi namun di sisi lain juga bisa munculkan tekanan. Pada seorang ibu yang tergolong generasi milenial, hal ini bisa mendorong munculnya kecemasan.

Saat seseorang menjadi ibu, level kecemasannya memang meningkat drastis. Faktor eksternal seperti komentar di media sosial atau melihat influencer, tak dipungkiri juga berdampak pada kondisi psikis.

Menurut Saskhya Aulia Prima, seorang psikolog keluarga, ada tiga hal penyebab kecemasan ibu milenial. Pemicunya antara lain social media shaming (dipermalukan di media sosial), paradox of choices (pilihan dan keputusan) serta expectation to be perfect (obsesi untuk menjadi sempurna).

"Salah satu pemicu kecemasan yang banyak dialami ibu masa kini atau milenial, adalah mom shaming. Sebuah tindakan yang mengkritisi secara berlebihan tentang pola asuh. Padahal, yang mengkritisi pun nggak punya background sesuai. Kalau dulu hanya dikritik suami dan mertua, sekarang tetangga online," ujar Saskhya.

1 dari 1 halaman

Obsesi Menjadi Sempurna

Mom shaming dapat menyebabkan ibu tersinggung, merasa gagal, dan bisa meningkatkan risiko depresi. Ibu juga jadi bingung memilih hal yang terbaik untuk diri sendiri dan anaknya yang malah membuat kegalauan. Hal ini merupakan paradox of choices.

"Ternyata, kita bingung pola asuh mana yang harus dipilih. Akhirnya dicoba satu persatu, tapi kita jadi nggak percaya diri dengan apa yang dilakukan dan membuat pertumbuhan anak kurang optimal," ujar Saskhya.

Ibu milenial juga cenderung ingin menjadi seseorang yang sempurna dalam hal keluarga. Obsesi (expectation to be perfect) ini bisa membawanya pada kecemasan karena ingin segala sesuatunya sempurna.

"Setiap ibu pasti memiliki kegagalan, tapi yang dibutuhkan adalah konsistensi untuk tetap menjaga kesehatan dan pertumbuhan anak. Konsisten kan bukan harus sempurna," tandas Saskhya.

Reporter: Cynthia Amanda Male
Sumber: Dream.co.id (mdk/RWP)

Baca juga:
Ini Alasan Mengapa Konsumsi Kafein Bisa Memperburuk Kondisi Kecemasan pada Seseorang
Olahraga Bisa Jadi Cara Sehat untuk Menekan Perasaan Depresi
Polusi Udara Semakin Parah di 2019, Masalah Kesehatan Ini Berisiko Meningkat
Perjuangan Berat Pendamping Penyintas Bipolar
8 Cara Meditasi untuk Menenangkan Pikiran, Cocok untuk Pemula
5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Peroleh dari Liburan

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.