Melakukan Olahraga Secara Berlebih Bisa Menimbulkan Masalah pada Jantung

Melakukan Olahraga Secara Berlebih Bisa Menimbulkan Masalah pada Jantung
Ilustrasi olahraga berlebihan. ©2012 Merdeka.com
SEHAT | 17 Juni 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Berolahraga memang merupakan hal yang sehat, namun melakukannya secara berlebihan bisa berdampak negatif. Menurut penelitian, berolahraga secara berlebihan diketahui bisa mengakibatkan masalah kesehatan serius bahkan pada jantung.

Dilansir dari Medical Daily, manfaat kesehatan dari olahraga bisa hilang jika seseorang berolahraga di atas batas yang disarankan. Berdasar saran dari U.S. Department of Health and Human Services (HHS), orang dewasa seharusnya melakukan setidaknya 150 menit olahraga ringan seminggu atau olahraga berat atau aerobik sebanyak 75 menit seminggu.

Aktivitas umum olahraga intensitas berat yang umum melingkupi berlari, bersepeda, berenang, serta berdansa. Sedangkan olahraga intensitas ringan yang disarankan adalah berjalan, mendaki gunung, golf, olahraga di rumah, serta berkebun.

Hasil penelitian yang dipublikasikan pada prosiding Mayo Clinic, mengungkap bahwa seseorang harus melakukannya sesuai yang disarankan. Diketahui bahwa seseorang yang melalukan olahraga ekstrem setiap minggu cenderung mengalami masalah kalsifikasi arteri koroner (KAK).

Baca Selanjutnya: Masalah kesehatan ini menunjukkan keberadaan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami