Mengapa GERD Mulai Kambuh Lagi Usai Lebaran?

Mengapa GERD Mulai Kambuh Lagi Usai Lebaran?
SEHAT | 29 Mei 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada saat puasa Ramadan jarang orang yang mengeluhhkan masalah GERD atau penyakit asam lambung atau gastroesophageal reflux disease. Walau begitu, masalah ini banyak dikeluhkan pada saat usai puasa Ramadan.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan Ari Fahrial Syam, bisa jadi faktor asupan makanan yang memicu orang yang memiliki riwayat mag maupun GERD mengalami kekambuhan. Seperti kita tahu, saat Lebaran banyak menu makanan tinggi lemak seperti rendang, opor ayam, kukis keju dan cokelat.

"Kalau bicara GERD itu adalah karena makanan, terlalu asam, terlalu pedas, berlemak. (Kue) Keju, cokelat, makanan-makanan ini kan camilan favorit saat Lebaran," kata Ari beberapa waktu lalu.

Makanan-makanan tersebut, kata Ari, menyebabkan pengosongan di lambung jadi lambat. Alhasil, makanan jadi bertahan lebih lama berada di lambung.

"Hal itu menyebabkan asam lambung balik arah," katanya.

1 dari 1 halaman

Stres

Berbicara GERD juga tak lepas dari faktor stres. Pada saat bulan Ramadan tentu sebagian besar jadi mendekatkan diri kepada Allah, dengan tekun mengaji maupun membaca Al Quran. Kegiatan tersebut berdampak positif pada psikologis. Nah, bila tidak dilakukan bisa membuat pikiran jadi stres yang kemudian menyebabkan timbulnya keluhan GERD.

"Jadi, mesti ada rangkaian ibadah ini kita lakukan," kata pria yang juga Dekan Fakultas Kedoktaran Universitas Indonesia ini.

Kondisi pandemi COVID-19 pada saat ini juga bisa menyebabkan seseorang menjadi lebih stres. Ari mengatakan bahwa dalam kondisi seperti ini, cara mengelola stres adalah dengan sabar dan lebih dekat ke Maha Kuasa.

Reporter: Benedikta Desideria
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Sering Dianggap Sama, ini Perbedaan antara Sakit Mag dan GERD
Makan Durian Saat Perut Kosong Bisa Sebabkan Masalah Lambung, Benarkah?
Bagi Penderita Asam Lambung, Ini Hal yang Harus Diperhatikan Ketika Lakukan Puasa
6 Makanan Penyebab GERD Saat Puasa, Perlu Dihindari
Penderita GERD disarankan Hindari Konsumsi Daging Berlebih dan Tidur Setelah Makan
Benarkah GERD Bisa Picu Terjadinya Serangan Jantung?

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Gerak Cepat Jawa Barat Tangani Corona - MERDEKA BICARA with Ridwan Kamil

5