Mengapa Kita Wajib Miliki Asuransi Keluarga, termasuk Asuransi Kesehatan

SEHAT | 12 Desember 2019 09:49 Reporter : Syakur Usman

Merdeka.com - Asuransi hingga kini masih dianggap sebelah mata karena tidak praktis. Padahal bila diperhatikan lebih jauh, asuransi menjadi sebuah bantuan di masa depan bila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Dengan memiliki asuransi, ada banyak keuntungan yang dapat diterima oleh Anda dan tentu saja keluarga.

Asuransi jiwa misalnya memberikan perlindungan ekonomi dan kemudahan bila mana kelak Anda terpaksa meninggalkan keluarga akibat kematian. Sementara asuransi kesehatan keluarga bisa membantu pembayaran biaya kesehatan bagi Anda dan keluarga.

Asuransi bagi keluarga dalam bentuk apa pun setidaknya dapat menjadi fondasi ekonomi di masa depan, terlebih bila kepala keluarga mengalami kondisi tertentu yang sifatnya akan berpengaruh kepada ekonomi keluarga. Hingga saat ini, masih banyak keluarga yang terpaksa menurunkan standar kehidupannya, setelah kepala keluarganya meninggal.

Asuransi juga menjadi cara merencanakan masa depan, terutama bagi keluarga muda. Ada beragam produk asuransi keluarga yang ditawarkan oleh penyedia jasa asuransi seperti Sequis bagi keluarga muda. Mengenali produk-produk asuransi yang ada merupakan cara terbaik untuk bisa memilih dengan tepat asuransi mana yang kelak digunakan bagi keluarga muda Anda di masa depan.

Asuransi Jiwa

Anda tentu sering mendengar jenis asuransi yang satu ini. Asuransi jiwa merupakan produk yang banyak ditawarkan oleh lembaga-lembaga penyedia jasa asuransi untuk memberikan perlindungan finansial jangka panjang. Perlindungan ini lebih ditujukan bagi orang-orang yang sedang atau masih memiliki ketergantungan ekonomi pada orang lain. Misalnya, Anda merupakan kepala keluarga, yang mana istri tidak bekerja dan Anda memiliki anak yang masih kecil. Tentu saja ekonomi keluarga merupakan tanggung jawab Anda secara penuh. Sementara istri dan anak belum mampu mandiri secara ekonomi.

Asuransi jiwa ini merupakan investasi yang mana Anda menjadi tertanggung sekaligus menjadi pemegang polis asuransinya. Dalam konteks ini, jelas bahwa dengan memiliki asuransi jiwa Anda memberikan masa depan yang lebih baik bagi keluarga. Selain itu, Anda juga bisa menggabungkan dengan asuransi kesehatan keluarga Sequis.

1 dari 1 halaman

Asuransi Kesehatan

2016 Merdeka.com

Produk asuransi kesehatan juga banyak ditawarkan oleh penyedia jasa asuransi. Asuransi kesehatan ini menjadi sangat penting karena tidak bisa dipungkiri banyaknya penyakit kritis yang mungkin menyerang Anda atau kepala keluarga di masa datang. Bagi Anda yang bekerja di satu perusahaan, biasanya perusahaan menyediakan asuransi kesehatan bagi Anda sebagai pekerja. Namun, bila Anda ingin memberi perlindungan lebih secara finansial bagi keluarga, tidak ada salahnya Anda mengajukan asuransi kesehatan keluarga.

Asuransi kesehatan keluarga merupakan produk asuransi yang memberikan perlindungan dan bantuan finansial untuk berbagai urusan kesehatan keluarga. Terlebih lagi bila Anda atau keluarga terpaksa berurusan dengan rumah sakit dan membutuhkan biaya tinggi untuk perawatan kesehatan.

Berbeda dari asuransi kesehatan pribadi, asuransi kesehatan keluarga memberikan jaminan untuk beberapa nama tertanggung sekaligus, yang mana anda menempatkan seluruh anggota keluarga dalam daftar ini. Asuransi ini juga bisa Anda rencanakan untuk kebutuhan melahirkan anak kelak. Biasanya harga premi asuransi keluarga ini, bila dihitung jauh lebih terjangkau dibanding premi untuk satu orang saja.

Asuransi Rumah

Rumah menjadi aset properti yang sangat penting bagi keluarga karena menjadi pusat bagi seluruh aktivitas keluarga. Rumah juga menjadi investasi jangka panjang bila suatu saat nanti Anda berencana untuk memiliki rumah yang lebih besar. Jika asuransi kesehatan keluarga memberi perlindungan bagi penghuni rumah, maka asuransi rumah memberikan perlindungan properti rumah Anda dari berbagai risiko, seperti kebakaran, kebanjiran, dan berbagai bencana alam.

Selain itu ada pula produk asuransi yang memberikan perlindungan all risk, hingga pencurian maupun pengaruh sambaran petir. Asuransi rumah ini dapat membantu Anda untuk meminimalisasi kerugian akibat pencurian. Selain itu, tentu perlindungan tambahan seperti biaya perbaikan rumah oleh profesional, biaya sewa rumah sementara ketika rumah Anda direnovasi akibat kerusakan.

Ada pula tambahan bantuan untuk penggunaan jasa arsitek. Dengan demikian, Anda tidak akan mengalami kerugian dengan adanya manfaat lebih yang bisa anda dapatkan dari asuransi rumah ini.

(mdk/sya)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.