Mengapa wanita lebih susah kurus daripada pria?

Mengapa wanita lebih susah kurus daripada pria?
Ilustrasi (©lifefitness.com)
SEHAT | 17 April 2012 20:00 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Banyak fakta yang menunjukkan bahwa wanita lebih kesusahan untuk menurunkan berat badannya dibandingkan dengan para pria. Mengapa demikian? Simak jawabannya seperti yang dilansir dari Your Modern Living (17/04) berikut ini.

 

Wanita punya banyak lemak

Jumlah lemak pada wanita lebih banyak daripada ototnya. Selain itu, lemak wanita biasanya berkumpul pada bagian bawah tubuh, sementara lemak pria ada di bagian tubuhnya yang atas. Hal ini membuat wanita susah untuk kurus daripada pria.

 

Wanita punya kerangka tubuh yang kecil

Kerangka tubuh yang kecil pada wanita membuatnya kehilangan panas tubuh lebih lama. Panas tubuh yang terlalu lama ini akhirnya mempengaruhi metabolisme yang rendah pada wanita.

 

Pria punya hormon tertentu

Hormon testosteron pada pria membuatnya mampu memproduksi otot lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan mereka.

 

Faktor lain

Faktor lain yang membuat wanita susah kurus dalah siklus menstruasi yang membuat hormon tidak seimbang dan metabolisme tidak teratur. Selain itu, kehamilan juga membuat tubuh wanita mudah gemuk akibat sel lemak yang berlipat ganda. Kebiasaan diet jangka pendek yang membuat wanita memiliki berat badan yang cenderung naik turun juga membuatnya semakin sulit untuk mendapatkan berat badan yang ideal.

 

Meskipun demikian, ada pula kasus yang menyebutkan bahwa pria pun sering mengalami kesusahan dalam menurunkan berat badan mereka. Hal yang paling penting adalah jangan terburu-buru pesimis jika Anda memang benar-benar berniat untuk kurus dan menjalani program diet sehat.

(mdk/riz)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini