Mengenal Apa Itu PCOS dan Bagaimana Cara Mengatasinya

SEHAT | 11 Juni 2019 15:09 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Polycystic Ovary Syndrome atau PCOS adalah penyakit yang diidap Fitri Tropica dan disebut sebagai penyebabnya sulit hamil. Penyakit yang dikenal sebagai Sindrom Ovarium Polikistik merupakan masalah yang terjadi pada keseimbangan hormon wanita.

Pada penderita PCOS, hormon estrogen dan progesteron yang dimiliki oleh wanita tidak seimbang. Pada penderita masalah kesehatan ini, biasanya terdapat kista berukuran kecil yang membuat ovarium membesar.

Tidak seimbangnya hormon wanita membuat menstruasi jadi tidak teratur dan akhitnya menyebabkan sulit hamil bagi wanita penderita PCOS. Penyakit ini sendiri tidak dapat dicegah, namun diagnosis dan pengobatan dini dapat membantu mencegah komplikasi jangka panjang, seperti kemandulan, sindrom metabolik, obesitas, diabetes, dan penyakit jantung. Dilansir dari WebMD, berikut sejumlah cara untuk mengatasi PCOS.

1. Makanan Sehat dan Olahraga

Konsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan produk susu rendah lemak untuk memenuhi kebutuhan gizi dan mengatasi penyakit ini. Selain menjaga pola makan, olahraga secara rutin seperti berjalan juga bisa menjadi latihan fisik yang baik untuk mengatasi PCOS.

2. Mengendalikan Berat Badan

PCOS juga dapat diatasi dengan cara mengendalikan berat badan. Ketika berat badan menurun, kadar androgen juga menunrun dan bisa mengembalikan ovulasi serta kesuburan pada wanita yang menderita PCOS.

3. Jangan Merokok

Jika kamu perokok, sebaiknya sefera hentikan kebiasaanmu tersebut. Wanita perokok cenderung memiliki kadar androgen yang lebih tinggi dibanding wanita yang tidak merokok.

Dengan menerapkan gaya hidup yang sehat, penyakit PCOS ini bisa diatasi. Selain itu rajin berolahraga dan konsumsi makanan sehat bisa menjadi solusi terbaik untuk mengatasi masalah ini.

Baca juga:
Amankah Menggunakan Celana Dalam Ketat untuk kesehatan Sperma?
4 Penyakit yang Mungkin Terjadi Ketika Kamu Merasa Nyeri di Saluran Kencing
Selain Kehamilan, 5 Faktor ini Membuat Datang Bulan Jadi Terlambat
Orang Tua Tabu Bicarakan Reproduksi, Bisa Buat Anak Rentan Mencari Konten Pornografi
Sering Dianggap Sama, Ini Perbedaan Air Mani dengan Sperma
Merokok Sebabkan Usia Sel Telur Wanita Lebih Tua dari Usia Biologis

(mdk/RWP)