Mengungkap Manfaat yang Dimiliki Buah dan Sayur Berdasar Warnanya

SEHAT | 22 September 2019 00:40 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pola makan kaya nutrisi merupakan sebuah hal yang penting bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Sayuran merupakan sumber yang baik bagi seluruh vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh.

Terdapat beragam sayuran yang memiliki kandungan karbohidrat, serat, serta banyak nutrisi penting. Makanan ini juga memiliki banyak jenis serta beragam warna. Uniknya, setiap warna yang berbeda ternyata memiliki manfaat kesehatan yang juga berbeda.

Dilansir dari The Health Site, penelitian mengungkap bahwa warna warna sayuran ini sangat mempengaruhi kandungan di dalamnya. Diketahui bahwa bahwa oranye, merah, dan kuning pada sayur berasal dari karotenoid.

Sayuran berwarna cerah ini merupakan sumber vitamin A yang tepat dan bisa mencegah stres oksidatif. Selain itu, buah dan sayur ini juga merupakan sumber yang kaya vitamin E dan vitamin C.

Pada warna lain buah dan sayur, terdapat dampak kesehatan lain yang juga bermanfaat. Dilansir dari The Health Site, berikut sejumlah manfaat yang dimiliki buah dan sayur berdasar warnanya.

1 dari 5 halaman

Buah dan Sayur Berwarna Merah

Buah dan Sayur dengan warna ini disebut tepat untuk melawan diabetes, kanker, serta penyakit jantung. Sayuran ini juga bisa membuat kulit terlihat lebih berseri.

Warna merah pada buah dan sayur ini mengandung fitokimia seperti sitrulin, beta-karoten, lykopen, dan asam ellagik. Kandungan ini bisa menghambat masalah penuaan serta menurunkan risiko stroke.

2 dari 5 halaman

Buah dan Sayur Berwarna Oranye

Sayur dan buah dengan warna ini memiliki khasiat bagi jantung, sistem kekebalan tubuh, mata, serta sirkulasi. Selain itu terdapat manfaat lain pada kesehatan tulang dan sendi.

Sayuran ini bisa memberimu perlindungan dari matahari serta polusi lingkungan. Sayuran ini kaya dengan vitamin A, vitamin C, dan karotenoid, termasuk beta-karoten.

3 dari 5 halaman

Buah dan Sayur Berwarna Hijau

Buah dan Sayur berwarna hijau memiliki manfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh, vitalitas, energi, serta membersihkan racun pada tubuh. Sayuran ini mengandung lutein, isothiocyanates, isoflavones, dan vitamin K.

Kandungan ini bisa menyokong kesehatan tulang dan aliran darah. Selain itu, manfaat lain yang bisa diperoleh adalah membenahi jaringan tubuh dan menstimulasi sistem pencernaan. Manfaat lain yang bisa diperoleh adalah meningkatkan kesehatan mental.

4 dari 5 halaman

Buah dan Sayur Berwarna Ungu

Sayuran dengan warna ini bisa membantu melawan kanker dan peradangan. Buah dan sayur dengan warna ini juga memiliki kandungan anti penuaan.

Terdapat kandungan fitonutrien seperti onthocyanin dan resveratrol pada sayur dan buah warna ini. Kandungan ini bisa menghilangkan masalah yang disebabkan stres oksidatif dan peradangan. Lebih lanjut, kandungan ini juga dapat mengurangi risiko alzheimer dan meningkatkan fungsi kognitif.

5 dari 5 halaman

Buah dan Sayur Berwarna Putih

Warna putih dari sayur dan buah bisa bermanfaat untuk mencegah kanker, memperkuat tulang, dan menjauhkan penyakit jantung. Sayur dan buah berwarna putih juga dapat menurunkan tingkat kolesterol, mengurangi peradangan, serta menyeimbangkan hormon.

Bunga kol memiliki kandungan sulforafan yang anti kanker. Bawang putih dan merah kaya dengan allicin dan quertecin yang bisa menghilangkan kanker.

Sejumlah manfaat tersebut bisa kamu peroleh dari buah dan sayur berdasar warnanya. Sejumlah manfaat tersebut bisa membuatmu semakin sehat dan mengetahui khasiat dari buah dan sayur ini. (mdk/RWP)

Baca juga:
Menurut Penelitian, Begini Cara Mudah Agar Anak Mau untuk Mengonsumsi Sayur
Pentingnya Asupan Serat yang tepat Bagi Kesehatan Pencernaan Anak
22 Manfaat Alpukat untuk Wajah, Rambut, dan Tubuh
6 Manfaat yang Bisa Diperoleh dari Buah Alpukat untuk Kesehatan Kulit
Begini Cara Mudah Bagi Orang Tua Penuhi Kebutuhan Serat pada Anak
Ini Khasiat Kecantikan yang Dikandung Buah Ceri