Menopause dini tingkatkan risiko serangan jantung

Menopause dini tingkatkan risiko serangan jantung
SEHAT | 2 Oktober 2012 11:06 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - Wanita yang mengalami menopause pada usia dini lebih berisiko terkena penyakit jantung dan stroke dibanding wanita yang mengalami menopause pada usia lebih tua, ungkap sebuah penelitian.

Kesimpulan tersebut merupakan hasil penelitian Melissa Wellons MD, asisten profesor di Vanderbilt Division of Diabetes, Endocrinology and Metabolism.

"Kuharap hasil ini bisa memberikan motivasi pada wanita yang mengalami menopause dini untuk menjaga kesehatan dengan memperhatikan gaya hidup mereka. Strategi tertentu juga diperlukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung, seperti rajin berolahraga, mengawasi kolesterol dan tekanan darah mereka," jelas Wellons, seperti dilansir oleh Times of India (29/09).

Penelitian ini mengamati 2.509 wanita pada Multi-Ethnic Study of Atherosclerosis (MESA) dengan 693 wanita yang mengalami menopause dini. Hasilnya, wanita yang mengalami menopause lebih awal cenderung terkena penyakit diabetes dan tingkat BMI yang tinggi.

"Penelitian ini tidak bisa menggeneralisasi bahwa serangan jantung diakibatkan oleh menopause dini. Namun kami mengetahui bahwa menopause dini meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular. Dokter seharusnya menanyakan saat menopause wanita ketika membuat data mengenai sejarah kesehatan," tambah Wellons.

Penelitian ini diterbitkan pada Menopause: The Journal of The North American Menopause Society. (mdk/kun)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami