Menurut Psikolog, Ini Cara Buat Pembelajaran Online Menyenangkan bagi Anak

Menurut Psikolog, Ini Cara Buat Pembelajaran Online Menyenangkan bagi Anak
Ilustrasi Anak Bermain Gawai. ©thedigitalbridges.com
SEHAT | 11 April 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Pada masa-masa belajar di rumah seperti saat ini, peran orangtua menjadi sangat vital dalam pembelajaran. Oleh karena itu terdapat sejumlah hal yang penting diketahui oleh orangtua.

Menurut Psikolog Penny Handayani, M.Psi tantangan yang dihadapi adalah bagaimana membuat standar pembelajaran anak yang setara dengan anak-anak lainnya atau perubahan suasana.

"Di sekolah, ada guru yang bisa memperhatikan kegiatan mereka sehari-hari, tetapi ketika di rumah, standar pembelajaran akan sangat bergantung pada dengan siapa mereka belajar. Cara orang tua akan berbeda-beda, terlebih lagi anak diserahkan ke orang lain dalam proses belajar-mengajarnya, semisal ART atau kakak yang lebih tua. Serta perubahan suasana dari sekolah yang memiliki jam pelajaran yang jelas, berbeda dengan di rumah," ujar Penny.

Psikolog Penny juga menegaskan pengawasan orang tua dan komunikasi dengan guru menjadi penting untuk tetap mempertahankan standar pembelajaran anak. Agar belajar di rumah menyenangkan. Penny mengatakan alat pembelajaran menjadi penting untuk diperhatikan, bagaimana menjaga anak untuk tetap semangat dan tidak bosan.

Penggunaan teknologi semacam youtube untuk aktivitas olahraga yang menyenangkan menjadi alternatif yang bisa dipertimbangkan. Pengunaaan aplikasi tatap muka untuk kelas online juga sangat membantu, akan tetapi, kepemilikan sumber daya menjadi berpengaruh dalam proses ini, karena tidak semua anak memiliki akses terhadapnya.

Psikolog Penny pun memberikan tips belajar online lebih menyenangkan untuk anak.

Baca Selanjutnya: Rencanakan Target Belajar Anak...

Halaman

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami