Menyusui bisa lindungi bayi dari autisme

Menyusui bisa lindungi bayi dari autisme
SEHAT | 24 September 2015 11:14 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Penelitian terbaru menemukan bahwa menyusui bisa meningkatkan perilaku pro-sosial pada anak-anak yang memiliki kecenderungan genetik untuk autisme.

Menurut para peneliti, bayi dengan mutasi gen yang menempatkan mereka pada risiko autisme akan menjadi lebih mudah bersosialiasi bila mereka disusui.

Sebagaimana dilansir mirror.co.uk, anak-anak dengan autisme sering kali tidak dapat berkomunikasi dan berinteraksi dengan orang lain. Sementara itu, asi mengandung "hormon cinta" oksitosin yang dapat memunculkan rasa percaya dan yakin, serta mengurangi rasa takut.

Sayangnya, efek ini hanya terjadi pada mereka dengan autisme varian gen CD38, yang terkait dengan penurunan pelepasan oksitosin. Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Proceedings of the National Academy of Sciences ini menunjukkan bahwa menyusui dapat meningkatkan kecenderungan pro-sosial pada bayi yang secara genetik berisiko autisme.

Selain mengurangi risiko autisme, menyusui juga dikatakan dapat meningkatkan IQ bayi dan mengurangi risiko infeksi, obesitas bahkan kanker. (mdk/des)


5 Makanan peningkat kesuburan yang patut dicoba
Makan kurma saat hamil? Ini manfaatnya!
Makan tomat bisa meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen
Ini 5 makanan yang baik dikonsumsi untuk ibu hamil!
Jarak kelahiran terlalu dekat tingkatkan risiko autis pada anak?
5 Tanda kehamilan yang sering diabaikan

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami