Merokok Berlebihan Bisa Sebabkan Terjadinya Keracunan Akut

SEHAT | 10 Desember 2019 07:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Merokok secara berlebihan ternyata bisa menyebabkan seseorang menjadi keracunan. Paparan nikotin yang ada di dalam rokok bisa meracuni seseorang yang merokok terlalu banyak.

Nikotin adalah zat yang membuat perokok ketagihan merokok. Tak heran, seseorang sulit berhenti merokok karena sudah merasa 'nyaman' dengan nikotin yang terkandung pada rokoknya.

"Yang bikin 'enak' seseorang merokok ya ada zat nikotin. Itu sebuah senyawa kimia yang efeknya bikin fresh (segar)," papar ahli toksikologi Sho'im Hidayat MS.

"Sering kan dengar, setelah merokok, orang gampang konsentrasi. Ini namanya nicotine supplementary, ada kebutuhan seseorang terhadap nikotin."

Raihan, salah satu pekerja media di Jakarta mengaku, dirinya susah berkonsentrasi bila tidak merokok. Sembari menyelesaikan deadline, ia pun mengisap rokok.

1 dari 1 halaman

Keracunan Akut

Walaupun nikotin membuat perokok merasa ketagihan, keracunan akut bisa terjadi. Kondisi ini ditandai dengan mual dan muntah.

"Perokok yang kebanyakan merokok juga enggak baik. Efek nikotin bisa bikin enggak enak. Akibatnya, mual dan muntah. Ini disebut keracunan akut," ujar Sho'im dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Airlangga.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
5 Bahaya Merokok Bagi Kesehatan, Harus Diwaspadai
BPOM Usulkan Pelarangan Penggunaan Vape dan Rokok Elektrik
Bukannya Bikin Aman, Filter Rokok Diketahui Malah Tingkatkan Bahaya Kesehatan
Strategi Kurangi Jumlah Kematian Perokok Pasif di Indonesia

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.