MERS jangkiti satu orang lagi di Arab Saudi

SEHAT | 20 Mei 2013 14:05 Reporter : Kun Sila Ananda

Merdeka.com - WHO melaporkan adanya temuan satu kasus lagi di Arab Saudi terkait koronavirus baru yang menjangkiti daerah Timur Tengah tahun lalu dan kini telah menyebar ke Eropa.

Korban yang terjangkit virus MERS kali ini adalah seorang wanita berusia 81 tahun dengan kondisi kesehatan yang cukup rumit. Wanita ini dilaporkan mulai sakit pada tanggal 28 April dan saat ini tengah berada dalam keadaan kritis, namun stabil.

Hingga saat ini diketahui bahwa MERS telah menjangkiti sekitar 41 orang, termasuk 20 orang yang meninggal. Koronavirus ini pertama kali diidentifikasi oleh ilmuwan pada bulan September 2012, seperti dilansir oleh Reuters (18/05).

Koronavirus ini sebelumnya dikenal dengan singkatan nCoV, namun beberapa jurnal ilmiah saat ini menyebutnya sebagai MERS (Middle East Respiratory Syndrome). Virus ini berasal dari keluarga yang sama dengan virus yang menyebabkan kematian di Asia Tenggara pada tahun 2003, SARS.

Sejauh ini virus MERS telah menjangkiti orang di Arab Saudi, Jordan, Qatar, Inggris, jerman, dan Prancis. Namun Arab Saudi dilaporkan memiliki korban terbesar. Sejauh ini terdapat 22 kasus di Arab Saudi, sembilan di antaranya fatal.

Virus MERS ini diketahui bisa menyebar dan ditularkan antar manusia. Untuk itu, tentunya semua orang wajib waspada jika ingin mengunjungi negara-negara yang saat ini tengah dilanda virus MERS.

(mdk/kun)

TOPIK TERKAIT