Milenial Alami Kebotakan Lebih Cepat Dibanding Generasi Sebelumnya

Milenial Alami Kebotakan Lebih Cepat Dibanding Generasi Sebelumnya
SEHAT | 17 Desember 2018 01:08 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Banyak orang menghubungkan menipisnya rambut dengan semakin bertambahnya usia. Namun pada saat ini hal itu tak sepenuhnya benar terutama karena hasil penelitian terbaru yang mengungkap bahwa milenial saat ini mengalami kebotakan lebih cepat dibanding generasi-generasi sebelumnya.

Dilansir dari Healthline, penelitian ini mengungkap bahwa orang dengan usia 20-an di China mengalami kebotakan lebih cepat dibanding generasi sebelumnya. Hasil ini didapat berdasar survei terhadap 4.000 mahasiswa di Universitas Tsinghua Beijing.

Dari jumlah tersebut, peneliti mengatakan bahwa bahwa 60 persen anak muda mengalami kehilangan rambut secara signifikan. Sebanyak 25 persen responden mengaku tidak menyadari kehilangan rambut ini hingga diberitahu oleh teman atau keluarga. Sedangkan 40 persen responden mengaku sangat menyadari kehilangan rambut yang mereka alami ini.

Kehilangan rambut pada milenial ini juga terjadi di Amerika Serikat. Dermatologis dari San Fransisco, dr. Andrea Hui menyatakan bahwa banyak anak muda berusia 18 tahun baik pria dan wanita yang kini mulai mengalami kerontokan rambut.

Terdapat beberapa hal yang ditengarai menjadi penyebab dari kerontokan pada rambut milenial saat ini. Beberapa hal yang mungkin dianggap sebagai penyebab adalah stres, diet, dan bahkan perawatan rambut yang pernah dijalani.

Perubahan hormonal, penyakit autoimun, masalah tiroid, dan stres merupakan beberapa hal yang diketahui sebagai penyebab kebotakan pada pria dan wanita. Selain hal itu, diet juga disebut dapat mempengaruhi terjadinya kebotakan.

Penelitian yang dilakukan pada tahun lalu oleh dr. Emily L. Guo dari Baylor College of Medicine, Texas menyebut bahwa berkurangnya konsumsi protein tertentu serta zinc, vitamin d, dan nutrisi lain dapat berpengaruh pada kebotakan rambut. Hal ini yang menyebabkan diet jenis tertentu dapat menjadi penyebab kebotakan.

Perawatan serta modifikasi rambut yang dilakukan oleh milenial juga dapat berpengaruh terhadap munculnya kebotakan ini. Bleaching serta pewarnaan rambut dapat merusak rambut. Begitu juga dengan extension dapat merusak kondisi rambut dan memicu kebotakan. (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Cara alami untuk hindarkanmu dari kebotakan, apa saja?
Bisakah masturbasi berlebihan bikin pria jadi botak?
Tak ingin botak, Donald Trump minum obat penumbuh rambut
Sering pakai topi bikin kepala botak?
Orang tua wajib waspada, 6 penyakit ini bisa menurun ke anak!
Tips ampuh cegah dan atasi kebotakan bagi pria secara alami

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami