Minum ASI dari Ibu Kurang dari 9 Bulan Bisa Buat Seseorang Jadi Kidal

SEHAT | 11 Januari 2019 19:07 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Apakah kamu pengguna tangan kanan atau seorang kidal ternyata dapat ditentukan dan dipengaruhi dengan ASI yang kamu terima ketika bayi. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan hubungan antara peran ASI dan tangan dominan mana yang bakal kamu gunakan.

Dilansir dari The Health Site, penelitian yang dilaksanakan di University of Washington menyebut bahwa pada balita yang mendapat ASI, lebih sedikit yang kidal. Anak yang mendapat asi lebih dari enam bulan cenderung menjadi penggunaan tangan kanan di kemudian hari.

Sedangkan pada balita yang lebih banyak minum susu botol, mereka cenderung lebih potensial menjadi kidal. Hal ini sendiri diperkirakan karena ada penyesuaian pada otak yang menentukan tangan dominan mana yang digunakan.

Kemungkinan besar, ASI mengoptimalisasi proses yang menentukan pemilihan tangan kanan atau kiri yang dominan ini.

"Kami beranggapan bahwa ASI mengoptimalkan proses pada otak ketika menentukan tangan dominan mana yang digunakan," ungkap Philippe Hujoel, profesor dari University of Washington.

"Hasil temuan ini penting karena menemukan bukti bahwa pemberian ASI ini penting hingga antara enam sampai sembilan bulan," sambung Hujoel.

Hasil temuan ini didapat peneliti dari 62.129 pasang ibu dan anak. Hasil temuan ini menyebut bahwa semakin sebentarnya pemberian ASI dapat berujung pada kebiasaan kidal.

Baca juga:
Tak Perlu Panik Jika ASI Hanya Keluar Sedikit pada Minggu Awal Kelahiran
Ini Perbedaan Antara Gumoh dan Muntah
Pemberian ASI Bisa Buat Bayi Lebih Cerdas
Ini Penyebab Bayi Sering Gumoh Setelah Makan
Ibu Hamil yang Gondongan Perlu Waspada, Terutama Jika Mengandung Anak Laki-laki
Biasa Dialami Anak-Anak, Apa Sih Sebenarnya Separation Anxiety itu?

(mdk/RWP)