Minum Teh Hijau dan Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetes

Minum Teh Hijau dan Kopi Setiap Hari Bisa Turunkan Risiko Kematian Penderita Diabetes
SEHAT | 23 Oktober 2020 19:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Konsumsi teh hijau dan kopi diketahui sebagai salah satu minuman sehat yang berdampak bagi tubuh. Penelitian terbaru mengungkap bahwa minuman ini ternyata juga bisa berdampak baik bagi penderita diabetes.

Dilansir dari Medical Xpress, diketahui bahwa konsumsi empat atau lebih gelas teh hijau setiap hari ditambah dua gelas atau lebih kopi setiap hari bisa membantu. Diketahui bahwa hal ini bisa menurunkan risiko kematian hingga 63 persen dalam periode lima tahun.

Penderita diabetes tipe 2 lebih rentan mengalami berbagai penyakit seperti demensia, kanker, sera patah tulang. Walau pada saat ini banyak pengobatan yang telah dikembangkan, namun perubahan gaya hidup seperti olahraga dan pola makan merupakan hal yang penting dalam perawatan.

Penelitian ini mencoba melihat dampak dari konsumsi teh hijau dan kopi baik secara terpisah maupun digabung. Hal ini kemudian dihubungkan dengan risiko kematian di antara seseorang dengan kondisi ini.

Peneliti memriksa data dari 1.923 partsipan di Jepang dengan kondisi diabetes tipe 2. Para partisipan memiliki usia rata-rata 66 tahun hingga lima tahun ke depan.

Baca Selanjutnya: Dampak Teh dan Kopi Setiap...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami