Minyak cengkeh jadi obat diabetes dan sakit gigi

SEHAT | 4 Agustus 2012 07:11 Reporter : Destriyana

Merdeka.com - Cengkeh biasa digunakan untuk keperluan memasak dan obat. Pernah tahu minyak cengkeh? sebagian orang memakainya untuk menyembuhkan sakit gigi lho. Rupanya, minyak cengkeh memiliki banyak manfaat kesehatan lain. Mari kita cari tahu kegunaan lain dari minyak cengkeh, seperti dilansir Boldsky.

1. Perawatan gigi

Minyak cengkeh adalah salah satu obat alami paling efektif untuk sakit gigi. Minyak ini digunakan untuk mengurangi rasa sakit di gigi dan gusi. Minyak cengkeh juga ampuh memerangi setiap infeksi mulut. Maka dar itu, minyak cengkeh menjadi salah satu bahan paling umum dalam produk penyegar mulut dan pasta gigi.

2. Obat sakit pernapasan

Minyak cengkeh digunakan untuk mengobati penyakit pernapasan seperti batuk, asma dan bronkitis. Cengkeh meringakan batuk dan menghilangkan dahak di bronkitis. Selain itu, minyak cengkeh juga bersifat anti inflamasi lho.

3. Pencernaan

Minyak cengkeh dapat meningkatkan metabolisme, dengan menaikkan sirkulasi darah dan mengurangi suhu tubuh. Proses itu akhirnya meningkatkan gerakan usus. Orang dengan masalah pencernaan dapat mengonsumsi1-2 tetes minyak cengkeh, yang dicampur dengan segelas air panas. Ingat, Anda tak boleh mengonsumsinya dalam jangka panjang. Hal itu malah menyebabkan kerusakan hati atau ketidakseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Sistem kekebalan tubuh

Minyak cengkeh dipercaya ampuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Cengkeh dapat memurnikan darah dan berperan sebagai anti-virus.

5. Diabetes

Cengkeh dapat mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. Sebelum mengonsumsinya sebagai obat, berkonsultasilah dengan dokter terkait takaran dosis yang tepat.

Meski minyak cengkeh memiliki banyak khasiat, Anda tetap harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Untuk mengetahui, apakah itu merupakan pilihan tepat untuk Anda. (mdk/des)

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.