Mitos: Penyebab Ketombe Karena Keramas Tidak Bersih? Ini Faktanya

Mitos: Penyebab Ketombe Karena Keramas Tidak Bersih? Ini Faktanya
ilustrasi menyisir rambut. pexels
SEHAT | 9 Mei 2022 10:00 Reporter : magang1

Merdeka.com - Kepala gatal-gatal biasanya menjadi penanda adanya ketombe di kulit kepala kita. Ketika digaruk, terkadang menemukan butiran-butiran berwarna putih di kuku kita. Saking banyaknya, ketombe bahkan juga bisa berjatuhan ke bahu.

Ketombe memang sudah lama menjadi masalah rambut yang menyebalkan dan tampaknya sulit dihilangkan, bahkan dapat mengurangi percaya diri.

Sering kali disebutkan bahwa ketombe terjadi ketika sampo tidak dibilas dengan benar, sehingga meninggalkan sisa-sisa di kulit kepala. Tapi sepertinya, sebanyak apa pun air yang digunakan untuk membilas kepala, ketombe kok tidak kunjung hilang?

Nah untuk mengungkap kebenaran di balik ketombe, simak artikel berikut serta cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya!

2 dari 5 halaman

Ketombe Bukan Dari Sisa Sampo

Ketombe sebenarnya merupakan sesuatu yang dimiliki oleh semua orang. Hanya saja terdapat orang-orang yang lebih banyak memiliki ketombe. Biasanya, laki-laki lebih rentan mengalami ketombe daripada perempuan.

Penyebab munculnya ketombe sebenarnya terjadi karena suatu jamur bernama Malassezia. Jamur ini merupakan jenis jamur yang ada di kulit setiap orang sejak lahir namun, paling banyak di kepala. Hal ini karena kepala paling banyak memproduksi minyak yang merupakan makanan Malassezia.

Minyak yang dimakan kemudian menyisakan lemak yang tidak tersaturasi. Lemak ini kemudian meresap ke kulit kepala yang kemudian di respons tubuh dengan rasa gatal agar digaruk.

Sisa lemak ini juga dapat menggumpal besar. Inilah lapisan putih terlihat menempel di kuku ketika kita menggaruk kulit kepala. Nah, beberapa orang memang memiliki jumlah jamur Malassezia yang lebih banyak dari yang lainnya, yang mana kemudian dapat menyebabkan mereka lebih ‘diganggu’ ketombe.

3 dari 5 halaman
ilustrasi kaget
pexels

Faktor lain yang mendukung munculnya ketombe di antaranya:

  • Kurang sering keramas, menyebabkan sel-sel kulit mati di kepala menumpuk dan menyebabkan gatal. Penggunaan produk sampo yang tidak efektif menghilangkan ketombe juga dapat berkontribusi.
  • Kulit kepala kering bisa menyebabkan rasa gatal di kepala dan sel-sel kulit mati yang mudah terlepas dari kepala karena kurangnya kelembapan.
  • Ketombe juga bisa menjadi reaksi alergi terhadap sesuatu yang masuk ke dalam tubuh, baik itu makanan maupun kandungan dalam produk rambut yang digunakan.
  • Dermatitis Seboroik, merupakan kondisi medis yang paling sering dijumpai menyerang kulit kepala ditandai dengan ketombe dan kulit kepala yang kemerahan.
4 dari 5 halaman

Mengatasi Ketombe Secara Alami

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi ketombe dengan mudah dapat dengan bahan-bahan alami ini.

Dilansir dari Healthline, berikut tipsnya:

  • Minyak zaitun: ada banyak sampo yang mengandung ekstrak minyak zaitun karena memang dikenal berkhasiat untuk kesehatan rambut. Untuk mendapat kandungan minyak zaitun secara murni, usapkan 10 tetes minyak zaitun ke kulit kepala. Kemudian lindungi rambut dengan topi mandi dan diamkan semalaman. Jangan lupa untuk membasuhnya di pagi hari kemudian.
  • Aloe vera: memang dikenal untuk kesehatan rambut, cukup usapkan daun aloe vera ke kulit kepala sebelum keramas.
  • Baking soda: saat keramas, usapkan sejumlah baking soda ke kepala kemudian bilas hingga bersih.
5 dari 5 halaman
  • Minyak kelapa: sebelum keramas, usap 3-5 sdt minyak kelapa untuk didiamkan selama 60 menit.
  • Cuka apel: campurkan ¼ gelas cuka apel dengan ¼ gelas air. Kemudian sambil menahan baunya, aplikasikan campuran tersebut ke kepala dan diamkan selama 15-60 menit sebelum dibilas. Lakukan metode ini cukup dua kali dalam seminggu.
  • Air lemon: bisa Anda lakukan setiap hari. Caranya, usap 2 sdt air perasan lemon ke kulit kepala, lalu bilas. Selanjutnya kembali usapkan air perasan lemon yang sudah dicampur dengan segelas air.

Nah, itulah kupas tuntas terkait permasalahan kulit kepala gatal-gatal karena ketombe. Faktanya ketombe pasti dialami oleh semua orang, jadi Anda tidak perlu minder. Tapi jika ketombe sudah sangat  mengganggu, cobalah beberapa tips alami mudah yang efektif menghilangkan ketombe!

Reporter: Prilisa Septi Hariani (mdk/mgs)

Baca juga:
Rambut Lurus Tiba-Tiba Mengeriting? Ini 5 Penyebab dan Solusinya!
5 Tips Kesehatan Rambut yang Perlu Diperhatikan Pria Berambut Panjang
Tanda Tubuh Kekurangan Omega-3, Bisa Sebabkan Nyeri Sendi
Manfaat Daun Kemangi untuk Rambut, Bantu Basmi Ketombe
Manfaat Olahraga untuk Kecantikan, Bantu Mengurangi Kerut dan Jerawat

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami