Mungkinkah Mencegah Terjadinya Diabetes Tipe-1 pada Anak-Anak?

SEHAT | 6 Desember 2019 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Walau biasanya lebih identik dengan penyakit pada orang dewasa, namun diabetes juga bisa diderita oleh segala usia. Pada anak-anak, diabetes ini juga dapat mereka alami.

Sebagian besar diabetes yang terjadi pada anak adalah diabetes melitus tipe 1 meski tidak menutup kemungkinan tipe 2. Penyebab diabetes melitus tipe 1 bukan gaya hidup melainkan reaksi autoimun menyerang sel pankreas yang memproduksi insulin.

Sayangnya, hingga saat ini belum ada cara mencegah diabetes melitus tipe 1. Yang bisa dilakukan adalah pengobatan sejak awal seperti disampaikan dokter spesialis anak konsultan endokrinologi Frida Soesanti.

“DM tipe 1 sampai saat ini kita belum bisa mencegah. Yang bisa kita kerjakan adalah deteksi dini. Jadi begitu ada gejala yang mengarah pada DM tipe satu, kita langsung mengevaluasi. Apakah benar DM tipe 1 atau tidak. Jadi, bisa mendapat tata laksana yang lebih awal,” kata Frida di Jakarta beberapa waktu lalu.

Bila memang benar si Kecil didiagnosis diabetes melitus tipe 1, maka anak akan mendapat pengobatan seumur hidup.

1 dari 1 halaman

Tentang Terapi Insulin

Ada 90 persen anak dengan diabetes melitus tipe 1 yang membutuhkan terapi insulin seumur hidup. Tujuannya untuk agar kualitas hidup penderita seoptimal mungkin dengan kontrol metabolik yang baik seperti disampaikan Sekretaris Endokrinologi Ikatan Dokter Anak Indonesia, Nanis Sacharina Marzuki.

Pada kasus diabetes tipe 1, pasien harus memperhatikan suntikan insulin secara rutin serta pegnaturan makanan dan olahraga. Tak ketinggalan pemantauan gula darah secara mandiri.

Jika anak sudah mendapatkan diabetes sebelum usia 15 tahun dan penyakitnya tidak terkonrol, kata Nanis, maka saat umur 25 aneka masalah kesehatan lain muncul. Seperti gagal ginjal, kelainan retina, dan hipertensi bisa muncul di usia muda dan meningkatkan risiko kematian dini.

Penulis: Selma Vandika
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Mendongeng Bisa Jadi Cara Atasi Kecanduan Gadget pada Anak-Anak
Deretan Penyakit yang Menjadi Penyebab Pesohor Indonesia Tutup Usia di Tahun 2019
Perlukah Anak SD juga Mendapat Vaksin HPV?
Menggoyang Kepala untuk Mengeluarkan Air Bisa Sebabkan Cedera Otak pada Anak
Begini Tips Sehat yang Harus Dilakukan orangtua untuk Memberi Wewangian pada Anak

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.