Obat kolesterol ini mampu turunkan risiko kanker

Obat kolesterol ini mampu turunkan risiko kanker
SEHAT | 12 Mei 2012 21:30 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Setelah sebuah penelitian menyebutkan bahwa senyawa kolesterol bisa melawan kanker, kini studi terbaru menemukan fakta bahwa salah satu jenis obat kolesterol pun ampuh menurunkan risiko serangan kanker. Adalah statin, pil kolesterol yang jika dikonsumsi dalam jumlah tinggi atau meminumnya selama lima tahun, maka risiko kanker kanker akan menurun sebesar 80%.

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Norfolk and Norwich University Hospital ini secara khusus menyebutkan bahwa statin mengurangi risiko kanker usus besar yang setiap tahunnya menyerang 37.500 warga Amerika Serikat. Selain itu, studi ini seolah meningkatkan kemungkinan bahwa kolesterol tinggi adalah faktor kunci perkembangan penyakit namun bisa dicegah dengan konsumsi statin dalam dosis tinggi.

"Statin mungkin bisa mencegah perkembangan kanker usus besar. Dalam penelitian kami, statin benar-benar mampu mengurangi risiko penyakit itu, dan dosis tinggi bisa saja memberikan perlindungan yang lebih baik," terang salah satu peneliti, seperti yang dikutip dari Daily Mail (12/05).

Meskipun demikian, ada juga efek samping dari statin, yaitu sakit kepala, gelisah, mual, dan kondisi langka yang disebut rhabdomyolysis (sel-sel otot rusak dan memicu kerusakan pada ginjal). (mdk/riz)

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami