Olahraga Bisa Jadi Cara Sehat untuk Menekan Perasaan Depresi

SEHAT | 8 Desember 2019 18:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Olahraga merupakan salah satu hal yang perlu dilakukan secara rutin untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Hal ini ternyata tak hanya bermanfaat pada kesehatan fisik saja namun juga pada mental.

Dilansir dari Medical Daily, meningkatkan aktivitas fisik bisa menurunkan depresi secara signifikan. Hal ini bahkan juga bisa bermanfaat pada orang yang sebelumnya telah mengalami masalah ini.

Hasil temuan ini didapat berdasar penelitian yang dilakukan di Massachusetts General Hospital. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu selama 11 tahun.

Diketahui bahwa seseorang yang melakukan olahraga selama satu jam setiap hari dalam seminggu tidak mudah mengalami depresi. Pada sisi lain, mereka yang tak berolahraga lebih rentan 44 persen mengalami depresi dibanding mereka yang melakukannya setidaknya satu hingga dua jam seminggu.

1 dari 1 halaman

Olahraga Bisa Memicu Kebahagiaan

Olahraga bisa membuatmu lebih bahagia dan dan positif karena alasan sederhana. Mood positif yang muncul ini bisa memicu perubahan pada tubuh dan memperkuat kekebalan tubuh, mengurasngi rasa sakit dan penyakit kronis, serta meredakan stres.

Penggemar olahraga yang melakukannya secara berat, kerap dilanda perasaan gembira berlebih usai berolahraga. Rasa bahagia yang luar biasa serta energi setelah berolahraga ini merupakan suatu hal yang membuat mereka ingin melakukannya secara terus-menerus.

Mod menyenangkan yang dialami oleh seseorang juga bisa menghilangkan perasaan lainnya. Diketahui bahwa olahraga bisa meningkatkan kegembiraan dan perasaan positif yang bisa ditularkan pada orang-orang di sekitarmu.

Olahraga yang diketahui bisa meningkatkan perasaan gembira ini paling optimal adalah berupa olahraga ketahanan. Hal ini bisa menurunkan meningkatnya angka depresi dan juga meningkatkan kualitas hidup.

Sebagai tambahan, olahraga ini juga menunjukkan peran yang signifikan dalam mengurangi gejala depresi. Secara keseluruhan, hal ini bisa meningkatkan mood, membangun massa otot dan kekuata, serta memberi sejumlah manfaat baik pada jantung dan otak. (mdk/RWP)

Baca juga:
Polusi Udara Semakin Parah di 2019, Masalah Kesehatan Ini Berisiko Meningkat
8 Cara Meditasi untuk Menenangkan Pikiran, Cocok untuk Pemula
Perjuangan Berat Pendamping Penyintas Bipolar
Berkenalan Dengan Pengidap Bipolar
5 Manfaat Kesehatan yang Bisa Kamu Peroleh dari Liburan
Begini Cara Jitu yang Bisa Membantu Anak Menjadi Lebih Mandiri di Usia Muda

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.