Olahraga Bisa Jadi Cara untuk Cegah Munculnya Masalah Pengelihatan

Olahraga Bisa Jadi Cara untuk Cegah Munculnya Masalah Pengelihatan
SEHAT | 13 Juli 2020 11:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Olahraga merupakan hal yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Sudah tidak diragukan lagi manfaat olahraga ini baik bagi kesehatan fisik maupun mental.

Sebuah penelitian terbaru mengungkap satu lagi manfaat kesehatan olahraga bagi tubuh. Diketahui bahwa olahraga ternyata juga bisa bermanfaat bagi kesehatan mata.

Dilansir dari Indian Express, penelitian menemukan bahwa olahraga bisa memperlambat atau mencegah berkembangnya degenerasi makular yang membuat hilangnya bagian tengah dari pandangan. Hal ini juga diketahui mampu mencegah sejumlah hal yang menyebabkan hilangnya pandangan seperti glaukoma maupun retinopati diabetik.

Hasil penelitian ini dilakukan oleh University of Virginia School (UVA) of Medicine. Diketahui bahwa olahraga mampu menurunkan pertumbuhan berlebih yang berbahaya pada pembuluh darah di mata mencit hingga 45 persen, hal ini diketahui merupakan penyebab utama dari penyakit pada mata.

"Sudah lama terdapat pertanyaan mengenai apakan benar menjaga gaya hidup sehat bisa memperlambat atau mencegah berkembangnya degenerasi makular," terang Bradley Gelfand, PhD, dari UVA’s Center for Advanced Vision Science.

1 dari 1 halaman

Dilakukan percobaan pada mencit yang melakukan olahraga dan yang tidak. Berdasar percobaan tersebut diketahui bahwa olahraga bisa menurunkan berkembangnya pembuluh secara luar biasa hingga 45 persen. Percobaan kedua dilakukan untuk mengonfirmasi temuan menemukan bahwa terdapat penurunan hingga 32 persen.

Galfand menerangkan bahwa menurunnya pandangan ini dihubungkan dengan menurunnya olahraga.

"Telah cukup diketahui bahwa ketika kondisi mata dan pandangan seseorang menurun, tendensi untuk melakukan aktivitas fisik juga menurun. Hal ini bisa sangat sulit untuk diteliti pada orang tua," terang Galfand.

"Satu alasan mengapa saya ingin melakukan penelitian ini sebenarnya cukup egois. Sebenarnya saya mencari alasan untuk tidak melakukan olahraga. Namun rupanya olahraga memang bisa bermanfaat untukmu," tandasnya. (mdk/RWP)

Baca juga:
Berdiri di Depan Kompor Menyala Bisa Jadi Cara untuk Atasi Hipertensi
Suka Menonton Film Bencana Bisa Membuat Seseorang Lebih Kuat Menghadapi Pandemi
Masalah Tidur saat Bayi dan Balita Bisa Sebabkan Masalah Mental saat Remaja
Penggunaan Internet Berlebih pada Remaja Bisa Sebabkan Masalah Pengaturan Emosi
Menurut Penelitian, Menggunakan Masker Bisa Buat Orang Lain Lebih Jaga Jarak
Ini Berapa Kali Jumlah Seks Ideal yang Harus Dilakukan Sesuai Usia

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami