Orang yang optimis cenderung membenci banyak hal

SEHAT | 31 Agustus 2013 12:02 Reporter : Rizqi Adnamazida

Merdeka.com - Sebuah penelitian baru-baru ini mengangkat masalah seputar respon seseorang terhadap situasi di sekitarnya. Sebab selama ini peneliti menduga bahwa respon negatif seseorang sebenarnya berkaitan dengan kepribadian orang itu sendiri.

Sebagaimana dilansir dari Mother Nature Network, penelitian tersebut tepatnya dilakukan para ahli dari University of Illinois dan University of Pennsylvania.

Sekitar 1.300 responden dilibatkan dan diberi pertanyaan tentang 16 hal berbeda yang beragam. Dari situ, peneliti juga menghubungkan antara respon negatif (seperti membenci hal-hal tertentu) terhadap sikap pesimis responden.

Ternyata hal yang ditemukan justru sebaliknya. Sebab rupanya banyak orang-orang optimis yang punya kecenderungan untuk membenci hampir semua hal. Sementara mereka yang pesimis malah menyukai berbagai hal yang beragam.

"Ada orang yang bisa membenci hampir semua hal yang ditemuinya karena sifatnya memang seperti itu. Namun kami khawatir jika penilaian buruk terhadap suatu hal itu bisa membuat seseorang kurang menikmati kehidupannya," papar peneliti.

Tim peneliti pun berencana melakukan riset lebih lanjut untuk mengetahui apakah sifat cenderung membenci hampir semua hal bisa memicu pada kondisi stres atau tidak.

Hasil penelitian kemudian diterbitkan dalam jurnal Journal of Personality and Social Psychology.

Baca juga:
Berlari bisa menyehatkan tubuh dengan 6 cara ini!
7 Manfaat hipnosis yang jarang diketahui
Mandi air dingin setelah berolahraga, baik atau buruk?
Wanita butuh 20 menit untuk meraih orgasme
Pakai sandal jepit lebih berbahaya daripada high heels? (mdk/riz)

TOPIK TERKAIT

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.