Orangtua Wajib Dampingi Anak pada Saat Belajar dari Rumah

Orangtua Wajib Dampingi Anak pada Saat Belajar dari Rumah
SEHAT | 5 April 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Liburnya sekolah beberapa saat belakangan menjadikan pembelajaran anak fokus dilakukan melalui rumah. Pada pembelajaran jarak jauh ini, orangtua memiliki peran besar untuk mendampingi buah hati.

Untuk itu, Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) meminta agar anak-anak tetap mendapatkan pendampingan dari orangtuanya, ketika melakukan kegiatan pembelajaran jarak jauh.

"Anak-anak yang sekolah dasar lebih banyak memerlukan pendampingan secara teknis, dan bagi yang SMP dan SMA, orang tua lebih membantu mereka mengatur jadwal harian mereka," kata Wakil Ketua KPAI Rita Pranawati.

Rita mengatakan, anak juga perlu diajak bicara mengenai penggunaan media digital dengan baik dan benar. Salah satunya adalah terkait dengan bagaimana jadwal sehari-hari mereka.

"Orang tua penting untuk mengarahkan siswa membuat jadwal yang proporsional, baik untuk pembelajaran jarak jauh, pemenuhan kebutuhan diri, hingga bermain dan refreshing," Rita menjelaskan.

1 dari 1 halaman

Ajarkan Anak Keterampilan Sehari-hari

Di rumah, orangtua juga tak boleh lupa untuk mengajarkan anak-anak keterampilan sehari-hari agar anak juga belajar mengurus diri sendiri. Misalnya melibatkan mereka dalam kegiatan melakukan pekerjaan rumah tangga sesuai usianya.

"Ini adalah momen yang tepat untuk mengajarkan anak seluruh aktivitas pekerjaan rumah secara lebih mandiri sesuai usianya," terangnya.

Rita memberikan contoh, beberapa kegiatan seperti belajar memasak, membersihkan rumah, berkebun, dan beres-beres adalah proses belajar bagi anak. Di sini, orangtua perlu kreatif dalam membuat aktivitas yang menyenangkan dan beragam bagi anak.

"Orang tua perlu sabar dalam mengajarkan aktivitas rumahan ini. Penting untuk selalu diingat bahwa anak-anak dalam tahap belajar, sehingga orang tua perlu memahami kondisi anak," tandasnya.

Reporter: Giovani Dio Prasasti
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
Ini Hal yang Harus Dilakukan Orangtua dengan Anak ketika Belajar dari Rumah
4 Kalimat Terlarang Diucapkan Saat Marah Kepada Anak, Bahaya Bagi Perkembangan Mental
Menurut Psikolog, Begini Cara Efektif Bekerja dari Rumah Sambil Menjaga Anak
5 Hal yang Dilakukan untuk Menyiapkan Bayi Mengonsumsi Makanan Padat
Orangtua Miliki Peran Besar dalam Atasi Kesulitan Tidur Anak Remaja
Pertumbuhan Tinggi Badan anak Tidak Hanya Dipengaruhi oleh Faktor Genetika

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami