Otak Bisa Dilatih untuk Mencegah Terjadinya Mabuk Perjalanan

Otak Bisa Dilatih untuk Mencegah Terjadinya Mabuk Perjalanan
SEHAT | 17 September 2020 13:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Mabuk perjalanan merupakan sebuah masalah menyebalkan yang bisa dialami oleh banyak orang. Kondisi ini menyebabkan rasa tak nyaman, pusing, bahkan mual ketika kita sedang berada di atas kendaraan.

Selama ini, hal ini biasa diatasi dengan mengonsumsi obat anti mabuk perjalanan atau menggunakan wangi-wangian. Penelitian terbaru membuktikan bahwa otak ternyata dapat dilatih untuk mengatasi masalah mabuk perjalanan ini.

Dilansir dari Medical Xpress, diketahui bahwa latihan olahraga visuospasial bisa membantu mengatasi masalah ini. Berdasar percobaan, penelitian yang dilakukan di University of Warwick ini bisa menurunkan risiko mabuk perjalanan hingga lebih dari 50 persen.

Partisipan penelitian ini mencoba alat bernama WMG 3xD simulator. Kondisi simulasi yang muncul ini serupa dengan ketika mereka menjadi penumpang kendaraan terutama kendaraan tanpa pengemudi.

Pada awalnya mereka mengalami kondisi mabuk kendaraan berdasar pengukuran tertentu. Setelah percobaan pertama ini, partisipan melakukan tugas latihan visuospasial sekali sehari selama dua minggu.

Baca Selanjutnya: Setelah dua minggu terlalui partisipan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami