Pancaroba Bisa Buat Tubuh Jadi Rentan Sakit, Ini yang Harus Dilakukan

Pancaroba Bisa Buat Tubuh Jadi Rentan Sakit, Ini yang Harus Dilakukan
SEHAT | 29 September 2020 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kondisi perubahan musim atau pancaroba merupakan sebuah hal yang bisa membuat kondisi tubuh menurun. Hal ini terjadi karena perubahan cuaca yang tak menentu serta angin besar yang biasanya berembus.

Dokter dari Rumah Sakit Pondok Indah I Made Saputra mengatakan risiko terkena infeksi virus lebih mudah di saat pancaroba, masa peralihan musim dari kemarau menuju ke musim hujan.

"Saat suhu dingin, udara cenderung memiliki kelembapan rendah atau bersifat kering. Kondisi ini memudahkan virus untuk berpindah tempat. Sistem kekebalan tubuh bekerja lebih lemah pada suhu yang dingin. Akibatnya, virus lebih mudah menginfeksi tubuh," kata dr I Made Saputra dilansir dari Antara, beberapa waktu lalu.

Agar tak rentan terkena infeksi, Made menyarankan agar lebih banyak mengonsumsi makanan bergizi tinggi, termasuk memperbanyak buah dan sayur, memenuhi kebutuhan cairan sehari-hari, dan menerapkan kebiasaan hidup yang bersih dan sehat misalnya rajin mencuci tangan.

Dalam kesempatan berbeda, pakar kesehatan dr Mesty Ariotedjo Juanda mengatakan, untuk membantu meningkatkan kekebalan tubuh salah satunya melalui asupan makanan.

"Anda bisa memenuhi asupan vitamin C melalui makanan seperti buah jambu air, tomat, jeruk, lalu zinc dari susu, daging, salmon, keju serta zat besi misalnya dari daging merah, telur dan susu," kata dia.

Baca Selanjutnya: Pentingnya Menerapkan Protokol Kesehatan...

Halaman

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT
more tag

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami