Pasien Kusta Bisa Sembuh Tanpa Kerusakan Saraf Jika Dideteksi Secara Dini
SEHAT | 11 Februari 2019 08:16 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Kusta merupakan penyakit yang dapat menyerang kulit, saraf, anggota tubuh lain, dan mata. Namun jika penyakit ini dapat dideteksi secara dini, maka pasien bisa sembuh total dalam waktu tiga bulan tanpa mengalami kelumpuhan dan kerusakan saraf.

Dalam pemaparan soal kusta, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan RI, Wiendra Waworuntu memperlihatkan foto anak yang sudah sembuh dari kusta.

"Ini contohnya ada anak yang menderita kusta. Lihat kan foto dia sebelum dan sesudah. Dia akhirnya sembuh total setelah minum obat selama tiga bulan. Kuncinya, gejala kustanya terdeteksi dini," jelas Wiendra dalam konferensi pers 'Stop Diskriminasi: Ayo Sukseskan Eliminasi Kusta' di Kementerian Kesehatan, Jakarta.

Gejala kusta berupa bercak putih dan merah pada kulit. Gejala yang khas adalah pada bagian kulit yang ada bercak itu mati rasa. Terkadang bercak berbentuk berupa benjolan-benjolan pada lengan dan wajah.

Pada foto anak yang sudah sembuh dari kusta, seperti yang dijelaskan Wiendra, wajah anak itu penuh dengan benjolan dengan bercak merah dan putih. Kemudian benjolan itu hilang sepenuhnya setelah ia minum obat secara rutin.

Bila mendapati gejala kusta, segera ke puskesmas. Pengobatan dilakukan multi-drugs therapy (MDT), yakni lebih dari satu jenis obat yang diberikan gratis di puskesmas.

Lama waktu pengobatan kusta tergantung dari jenis kusta. Kusta tipe kering bisa diobati menggunakan obat selama 6 bulan, sedangkan kusta tipe basah diobati selama 12 bulan. Kusta kering berupa kulit kering bersisik, sedangkan kusta basah berupa kulit yang basah sehingga tampak mengkilap.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono

Sumber: Liputan6.com

Baca juga:

Dinkes Jateng Catat 2.000 Warga Terjangkit Kusta, Paling Banyak di Brebes

Potret pilu penderita kusta di Kashmir tinggal di rumah sakit tua

Komisioner Komnas HAM minta penderita kusta tak didiskriminasikan

Indonesia negara ketiga terbanyak penderita kusta

6 Fakta menarik tentang kusta yang wajib diketahui!

Gara-gara menderita kusta, Gusti gantung diri di kebun coklat

Satu handuk dipakai bareng, 150 lebih warga Asmat idap kusta

(mdk/RWP)