Penderita Vertigo Disarankan Periksakan Diri Ke Dokter Sebelum Naik Pesawat

SEHAT | 15 Juni 2019 09:04 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika berada di perjalanan terutama ketika di pesawat, vertigo yang dimiliki oleh seseorang mungkin saja mendadak kambuh. Bagi orang dengan riwayat vertigo, Dokter spesialis saraf Diorita Dyah Prayanti menyebut bahwa sebaiknya berkonsultasi dulu dengan dokter.

"Biasanya pasien yang punya vertigo kambuh, sebelum dan berada di pesawat, ada beberapa obat yang diberikan untuk menghindari gangguan vertigo. Dokter spesialis telinga hidung, dan tenggorokan akan memberikan obat tetes," jelas Rita, sapaan akrabnya.

Pada dasarnya, lanjut Rita, vertigo merupakan gangguan keseimbangan di telinga. Adanya gangguan di telinga sering disebabkan saluran telinga kena infeksi serta batuk pilek.

"Kondisi tersebut lebih berisiko vertigo kambuh. Apalagi dipicu saat take off maupun landing yang dapat terjadi gangguan telinga," lanjutnya.

Rita menyarankan, bagi pasien yang punya riwayat sinusitis dan infeksi telinga juga perlu membawa obat untuk mencegah vertigo saat di pesawat. Gangguan telinga saat take off dan landing bisa menimbulkan vertigo.

"Sebelum terbang, pasien yang punya riwayat sinusitis dan infeksi telinga harus bawa obat tetes hidung untuk melegakan mukosa hidung," saran dokter yang berpraktik di RS Pusat Otak Nasional, Jakarta.

Cara lain yang bisa dilakukan, saat terbang sebisa mungkin mengunyah untuk menghindari gangguan saluran hidung dan telinga. Lakukan setengah jam atau sebelum landing.

"Bisa juga dengan menguap," tandasnya.

Reporter: Fitri Haryanti Harsono
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
6 Makanan yang Bisa Jadi Biang Kerok Munculnya Migrain
Ini Alasan Mengapa Sakit Gigi Dapat Berakibat Pada Pusing
Tiba-tiba sakit kepala? Mungkin 3 hal ini penyebabnya
5 Penyakit serius yang diawali dari sakit kepala terus-menerus
6 Alasan kenapa ibu hamil sering alami sakit kepala
10 Penyakit ini mampu datangkan migrain secara tak terduga

(mdk/RWP)

TOPIK TERKAIT