Pentingnya Konsumsi Tablet Tambah Darah Terutama pada Ibu Hamil yang Menderita Anemia

Pentingnya Konsumsi Tablet Tambah Darah Terutama pada Ibu Hamil yang Menderita Anemia
SEHAT » BANYUWANGI | 25 Januari 2020 12:30 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Anemia merupakan masalah kesehatan yang bakal berbahaya bagi wanita terutama pada saat kehamilan. Untuk mengatasi masalah ini, hal ini bisa diatasi dengan mengonsumsi tablet tambah darah.

Bagi beberapa perempuan, tablet tambah darah dirasakan pahit dan tidak enak. Rasa pahit dan aroma tablet yang tidak menyenangkan membuat enggan untuk minum.

Padahal, perempuan yang anemia butuh tablet tambah darah. Anemia dapat mengakibatkan produktivitas menurun. Pada ibu hamil, anemia berpotensi membuat janin tidak tumbuh dengan baik.

"Dulu memang, tablet tambah darah katanya enggak enak, dari bau dan rasanya. Sekarang udah enggak seperti itu lagi. Ya, setidaknya jenis tablet tambah darah sudah lebih baik dari segi rasanya," ujar Country Director Nutrition International (NI) Sri Kusyuniati .

"Kami punya program sendiri juga soal pemberian tablet tambah darah kepada bumil dan remaja putri. Persoalan enggak enak bisa diatasi cerdik."

Kusyuniati menyebut, dinas kesehatan di Banyuwangi, Jawa Timur punya cara kreatif agar tablet tambah darah diminum.

"Dinkes di sana kreatif, jadi mengajak remaja putri dengan ucapan, 'Dibuka, dilihat, diminum', jadi enggak pahit," tambahnya.

Baca Selanjutnya: Ajak Suami Temani Cek Kehamilan...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami