Pentingnya Pengembangan Elektromedis dan Klinis di Indonesia demi Layanan Kesehatan

Pentingnya Pengembangan Elektromedis dan Klinis di Indonesia demi Layanan Kesehatan
Simposium Internasional Mindray Indonesia dan IKATEMI. ©2022 Merdeka.com
SEHAT | 25 Mei 2022 13:12 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Situasi COVID-19 yang terjadi lalu telah menyebabkan berbagai kendala pada keterbatasan kapasitas pelayanan kesehatan termasuk di Indonesia. Hal ini terlihat pada langkanya alat kesehatan krusial seperti ventilator yang sangat dibutuhkan pada puncak penularan COVID-19 pada pertengahan 2021.

Kementerian Kesehatan pun menjadikan pengadaan alat kesehatan serta pengembangan sumber daya manusia (SDM) sebagai salah satu prioritas utama untuk meningkatkan layanan kesehatan. Untuk mendukung misi ini, Simposium Clinical and Electromedical Engineering ini diadakan dalam rangka mempertemukan para pakar dari sektor pemerintah, organisasi profesi, dan akademisi dalam sebuah diskusi mengenai pengembangan dan penjaminan kualitas alat kesehatan modern di Indonesia.

Kegiatan ini dilaksakanan oleh Mindray Indonesia, perusahaan penyedia perangkat dan solusi medis global terkemuka. Bertajuk ‘International Hybrid Symposium on Clinical and Electromedical Engineering’, acara ini digelar Sabtu, 21 Mei 2022 bersama China Association of Medical Equipment (CAME) dan Ikatan Elektromedis Indonesia (IKATEMI).

Bertemakan ‘Frontier Development & Quality Assurance of Medical Equipment’, sekitar 800 peserta dari negara-negara Asia Pasifik seperti Indonesia, Thailand, Filipina, dan Malaysia, bersama para ahli dari Indonesia, Amerika Serikat, dan China membahas praktik terbaik dan terkini dalam penilaian dan perencanaan teknologi, studi kasus, dan regulasi yang diperlukan untuk memastikan ketahanan alat kesehatan lokal. Selain itu, peserta akan diberikan pelatihan mendalam tentang pemantauan pasien, ventilator, dan perangkat teknologi informasi kesehatan untuk meningkatkan kemampuan teknis mereka dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas.

“Pemerintah melalui Kementerian Kesehatan secara aktif meningkatkan kualitas layanan kesehatan dalam negeri. Ini tidak hanya termasuk pengadaan barang dan jasa, tetapi juga memastikan bahwa kita memiliki tenaga elektromedis berkualitas dan regulasi yang memadai untuk meningkatkan ketahanan alat kesehatan dalam negeri,” ujar Dr. Dra. Lucia Rizka Andalusia, Direktur Jenderal Ketahanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

2 dari 2 halaman

Ketua Umum DPP IKATEMI Winda Wirasa, S.T., M.T. mengatakan bahwa perkembangan teknologi telah membantu perubahan di dunia medis. Kemajuan ini membawa diagnosis menjadi lebih akurat, deteksi penyakit menjadi lebih cepat, dan proses penyembuhan dapat lebih termonitor berkat penggunaan alat kesehatan modern.

"Namun teknologi ini terus berubah, dan penting bagi tenaga elektromedis untuk terus memperbaharui ilmunya guna menghadirkan layanan kesehatan yang andal. Kami harap seluruh peserta dapat merasakan kebermanfaatan dari simposium hari ini, dan secara giat mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi elektromedik di mana pun mereka bekerja,” jelasnya.

Secara global, Mindray secara aktif mengadakan simposium lintas batas guna menjembatani kesenjangan pengetahuan dan menghubungkan para praktisi kesehatan di seluruh dunia. Ini memungkinkan adanya pertukaran ide yang diharapkan akan terus menghadirkan inovasi baru untuk menghadirkan layanan kesehatan yang lebih mudah dijangkau.

“Kami bangga dapat berkolaborasi dan bertukar pikiran dengan para pakar dan kami senang melihat antusiasme para tenaga elektromedis yang secara aktif berpartisipasi dalam diskusi ini. Kiranya pengembangan kompetensi SDM elektromedis ini menciptakan ripple effect yang nantinya juga berdampak pada pengembangan teknologi hingga kurikulum di pendidikan tinggi,” ujar Chris Zhang, General Manager Mindray Indonesia. (mdk/RWP)

Baca juga:
Kenali 5 Penyebab Terjadinya Hepatitis Akut Misterius
Inilah Dampak Yang Terjadi Jika Makan Besar Saat Perut Kosong
Mengenal Resistensi Insulin, Ketahui Penyebab dan Gejalanya
Waspadai Flu Singapura pada Anak, Kenali Gejala dan Cara Mencegahnya
Calon Pengantin Diimbau Perhatikan Kesehatan Fisik hingga Mental, Ini Alasannya

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Opini