Penyebab Terjadinya Sendawa Terus-Menerus dan Cara Jitu Mengatasinya

SEHAT | 30 September 2019 05:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Bersendawa merupakan sebuah hal yang biasa terjadi ketika kamu baru makan atau masuk angin. Hal ini sebenarnya sangat normal dan tidak perlu dikhawatirkan.

Namun, pada beberapa kondisi seseorang kadang mengalami sendawa terus-menerus secara berlebih. Hal ini tentu patut dikhawatirkan karena bisa jadi tanda adanya masalah kesehatan.

Pada normalnya, sendawa biasanya terjadi ketika udara di dalam tubuh berjumlah banyak. Namun ketika hal ini terjadi berkali-kali, maka akan menjadi tak nyaman.

Dilansir dari HealthXchange, terdapat dua penyebab utama dari terjadinya sendawa ini. Hal ini adalah udara berlebih di dalam perut serta masalah pencernaan yang terjadi.

1 dari 3 halaman

Udara Berlebih

Makan atau minum secara tergesa-gesa bisa menyebabkan kamu menelan terlalu banyak udara. Sendawa merupakan cara untuk melepaskan udara berlebih ini.

Beberapa hal lain juga bisa menjadi penyebab masuknya udara secara berlebih ke dalam perut. Mengisap permen, minum melalui sedotan, mengunyah permen karet, serta penggunaan gigi palsu yang longgar bisa menyebabkan masuknya udara secara berlebih.

Sendawa juga biasa dialami oleh seseorang yang mengalami heartburn dan asam lambung. Sendawa terjadi untuk mengeluarkan udara yang berlebih dalam perut atau dada.

2 dari 3 halaman

Masalah Pencernaan

Sendawa secara terus bisa jadi tanda adanya masalah pencernaan yang membutuhkan penanganan medis. Beberapa masalah seperti gastroparesis, tukak lambung, batu empedu, atau bahkan kanker perut bisa jadi penyebab sendawa secara belebih.

Masalah ini sebenarnya tak begitu berbahaya, namun ketika diikuti sejumlah gejala lain maka bisa berbahaya. Gejala seperti mual, sakit, buang air berdarah, susutnya berat badan, atau demam menjadi tanda bahwa kamu perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengatasi masalah ini.

3 dari 3 halaman

Cara Mengatasi Sendawa Terus-Menerus

- Makan dan minum secara perlahan

- Hindari bicara sambil mengunyah permen karet
- Hindari menyesap permen yang keras
- Kurangi konsumsi minuman bersoda dan alkohol karena dapat melepaskan karbon dioksia yang memperparah sendawa
- Jangan minum menggunakan sedotan
- Berhenti Merokok
- Jika menggunakan gigi palsu, periksa apakah sudah benar-benar pas
- Hindari stres berlebih

Sejumlah hal tersebut bisa kamu lakukan atau hindari untuk terhindar dari masalah sendawa terus-menerus. Namun ketika masalah ini terjadi dalam waktu lama, sebaiknya segera konsultasi dengan dokter. (mdk/RWP)

Baca juga:
7 Hal yang Jangan Dilakukan Ketika Perut Sedang Kosong
5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Makanan yang Sama Setiap Hari
5 Cara Alami dan Sederhana untuk Meredakan Demam dan Pilek
3 Hal yang Harus Dilakukan Ibu Hamil Berisiko Tinggi Agar Bayi Lahir Sehat
5 Hal tidak Boleh Dilakukan Sebelum Memeriksakan Diri ke Dokter
Penyebab Rasa Sakit di Telapak Kaki dan Cara Mengatasinya