Penyemprotan di Bilik Disinfektan Secara Sembarangan Bisa Bahaya

Penyemprotan di Bilik Disinfektan Secara Sembarangan Bisa Bahaya
SEHAT | 1 April 2020 16:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Untuk menekan persebaran dan peningkatan jumlah kasus COVID-19, pada saat ini banyak bilik disinfektan yang disediakan di tempat umum. Namun rupanya di balik penggunaan bilik ini, terdapat bahaya yang bisa muncul.

Hal ini diungkap oleh Dr. Inolyn Pandjaitan, Direktur Medik RS PGI Cikini. Menurutnya, bilik disinfektan banyak diinstal di bagian depan gedung-gedung di Jakarta dan kota besar di Indonesia. Tujuannya untuk menurunkan transmisi virus corona.

“Tapi jika dilihat dari rekomendasi WHO (World Health Organisation) bilik disinfektan ini tidak bisa membunuh virus yang sudah masuk ke dalam tubuh kita,” ujar Inolyn dalam video wawancara yang diterima liputan6.com.

Ia menambahkan, penyemprotan disinfektan ke tubuh dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Terutama pada mata dan mulut.

“Bahkan, ada risiko berbahaya karena klorin atau etanol yang disemprotkan itu kalau terkena mata atau mulut bisa merusak.”

1 dari 1 halaman

Kiat Aman Turunkan Transmisi COVID-19

Inolyn memberikan kiat-kiat untuk menurunkan transmisi COVID-19 dengan cara yang aman. Ia merekomendasikan kiat sesuai rekomendasi WHO.

Baginya, yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan. Menjalankan gaya hidup bersih dan sehat juga dapat dilakukan.

Hal lainnya, physical distancing dengan jarak aman lebih dari satu meter atau dua meter. Penggunaan masker yang sesuai saat keluar rumah juga dianjurkan.

Bagaimana caranya untuk mengurangi transmisi virus corona, yang paling penting adalah menjaga kebersihan tangan, fisical distancing satu sampai dua meter, gunakan masker yang sesuai. Kalau pulang dari keramaian atau tempat berisiko tinggi, langsung mandi dan ganti baju , itu sesuai rekomendasi WHO, pungkasnya.

Reporter: Ade Nasihudin Al Ansori
Sumber: Liputan6.com (mdk/RWP)

Baca juga:
4 Kebiasaan yang Tanpa Disadari Bisa Buat Seseorang Susah Hamil
5 Mitos Seputar Kesehatan yang Dipercayai oleh Banyak Orang
Jangan Menunda Memberikan Vaksin pada Anak di Masa COVID-19 Ini
4 Cara Bagi Orangtua untuk Membuat Anak Tidak Lagi Bertingkah Kasar
Waspadai Menularkan COVID-19 pada Keluarga di Rumah, Ini yang Harus Dilakukan
5 Makanan yang Bisa Buat Wajah Jadi Bengkak Usai Menyantapnya

TOPIK TERKAIT

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami