Perlukah Memberi Hadiah Bagi Anak yang Berhasil Melakukan Puasa Ramadan?

SEHAT | 24 Mei 2019 16:05 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Ketika seorang anak baru belajar berpuasa di bulan Ramadan, orangtua seringkali memberikan hadiah untuk mengapresiasi tindakan sang anak. Hadiah tersebut memang membuat anak lebih termotivasi melakukan hal-hal baik. Namun, perlukan kita memberikan hadiah ketika anak berhasil menjalankan puasa Ramadan?

Psikolog Intan Erlita, M.Psi, mengatakan untuk anak-anak yang masih belajar diperbolehkan untuk orangtua memberikan hadiah. Tapi perlu dicatat, jangan jadikan anak berpikir bahwa ketika ia berpuasa akan mendapatkan hadiah.

"Awal-awal atau saat belajar puasa memang boleh memberi hadiah, namun mendekati 1-2 tahun usia wajib anak puasa sebaiknya tidak perlu memberikan hadiah lagi. Sebaiknya, kenalkan puasa adalah kewajiban kita sebagai umat muslim. Jangan sampai SMP atau SMA mereka puasa karena dibeliin hadiah," ujar Psikolog Intan saat ditemui dihubungi redaksi Fimela.com.

Psikolog Intan, mengatakan anak-anak yang sudah berhasil puasa setengah hari juga tidak ada salahnya diberikan hadiah. Namun, jangan berikan hadiah barang-barang mewah atau mahal.

"Hadiahkan sifanya apresiasi jadi tidak perlu memberikan hadiah yang mahal," paparnya.

Oleh karena itu, orangtua sebaiknya memberikan hadian yang sederhana saja bagi anak. Dengan cara ini, mereka akan merasa bahwa jerih payah mereka sudah diakui.

Reporter: Anisha Saktian Putri
Sumber: Liputan6.com

Baca juga:
Bagi Penderita Penyakit Mag ini Makanan yang Harus Diwaspadai Ketika berpuasa
2 Hal ini Penting Ditaati Oleh Penderita Diabetes Ketika mengonsumsi Kurma
Kebiasaan 'Balas Dendam' Saat Buka Puasa Malah Bisa Buat Tubuh Semakin Gemuk
Ini Penyebab Seseorang menjadi Mudah Marah dan Tersinggung Saat Puasa Ramadan
Hindari Konsumsi Obat Penurun Gula Darah Ketika Sahur
Saat Sahur dan Buka, Hindari Konsumsi Teh, Kopi, dan Minuman Bersoda



(mdk/RWP)