Pesta Barbecue saat Malam Tahun Baru Bikin Kolesterol Naik, Atasi dengan Cara Ini!

Pesta Barbecue saat Malam Tahun Baru Bikin Kolesterol Naik, Atasi dengan Cara Ini!
Atasi dengan Cara Ini!. ©2022 Shutterstock
SEHAT | 2 Januari 2022 16:18 Reporter : Jeffreydien Winanda

Merdeka.com - Sukacita pergantian tahun telah berlalu begitu cepat. Apakah kamu menjadi salah satu diantara begitu banyak orang yang menghabiskan malam tahun baru lalu dengan pesta barbecue bareng orang tersayang?

Jika iya, sudah saatnya kamu mengecek kembali kadar kolesterol dalam darah. Hal ini untuk memastikan bahwa kadar kolesterol nggak melebihi ambang batas.

Jika ternyata kadar kolesterol dalam darah terlanjur naik, maka hal ini perlu diwaspadai lantaran bisa menyebabkan gangguan kesehatan lainnya. Sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat-obatan, lakukan hal ini untuk membantu menurunkan kolesterol.

Perbanyak Buah Kaya Serat

atasi dengan cara ini
©2022 Shutterstock

Tak hanya memiliki dampak positif untuk pencernaan, makanan kaya serat juga menghindarkan diri dari berbagai gangguan kesehatan akibat tingginya kolesterol. Kandungan serat di dalam tubuh bisa mengontrol kolesterol jahat sehingga membuatnya lebih stabil.

Beberapa makanan mengandung serat bisa ditemukan dalam aneka buah dan sayur. Alpukat, pisang, pir, stroberi, dan aneka buah lainnya menjadi penyumbang serat yang akan membantu mengontrol kadar kolesterol dalam tubuh.

Rajin Berolahraga

Asupan pola makan yang dikonsumsi juga harus diimbangi dengan kebiasaan bergerak aktif dan olahraga secara rutin. Bagi penderita kolesterol disarankan untuk berolahraga selama 30 menit sebanyak lima kali per minggu dan tetap aktif melakukan aktivitas fisik meskipun ringan.

Olahraga ringan pun bisa dilakukan dengan intensitas lebih sering seperti jalan kaki, jogging, atau senam aerobik di rumah. Selain itu, pastikan juga untuk bergerak di sela jam sibuk, seperti bersepeda saat berangkat ke kantor, atau lebih sering berdiri di sela-sela bekerja.

Kurangi Asupan Gula

Sering dilupakan, masih banyak orang yang mengonsumsi makanan kaya glukosa meski kadar kolesterol dalam darah sedang meninggi. Faktanya, bukan hanya penderita diabetes yang diharuskan mengurangi konsumsi gula.

Tingginya kadar kolesterol dalam darah juga bisa diatasi dengan membatasi asupan gula. Beragam cara mulai dari meminimalisir minuman manis, makanan olahan, sampai karbohidrat dan tepung bisa dilakukan untuk membatasu kadar gula.

Tidur Cukup dan Berkualitas

atasi dengan cara ini
©2022 Shutterstock

Secara umum, kurang tidur bisa menyebabkan gangguan kesehatan apalagi jika tubuh nggak mendapatkan tidur berkualitas dalam kurun waktu lama. Kurang tidur pun juga memicu kadar kolesterol jahat dalam darah.

Oleh sebab itu, pastikan tidur yang cuku sebagai cara untuk menurunkan kolesterol secara alami. Pastikan juga jika jam tidurmu tepat waktu alias tak terlalu larut.

Konsumsi Makanan Tinggi Magnesium

Kandungan magnesium sangat penting untuk mengatasi tingginya kadar kolesterol dalam tubuh. Magnesium dapat mencegah penyumbatan pembuluh darah akibat kolesterol sekaligus meningkatkan kesehatan jantung.

Temukan magnesium dalam sayuran dan kacang-kacangan di menu harianmu. Tahu, tempe, gandum utuh, sayuran hijau, hingga ikan menjadi penyumbang magnesium yang baik bagi tubuh.

Kondisi kesehatan tubuh memang krusial apalagi saat masa pandemi seperti ini. Selain menerapkan pola hidup sehat, jangan lupa untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk membantu menjaga daya tahan tubuh. Kandungan vitamin C dan vitamin B complex akan membut kondisi kesehatan tetap membaik di tengah padatnya aktivitas.

(mdk/jfw)

TOPIK TERKAIT

Baca berita pilihan dari Merdeka.com

Mari bergabung di Grup Telegram

Merdekacom News Update

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami