Puasa Bukan Merupakan Penyebab Seseorang Mengantuk di Bulan Ramadan

Puasa Bukan Merupakan Penyebab Seseorang Mengantuk di Bulan Ramadan
Ilustrasi mengantuk. Shutterstock/Creativa
SEHAT | 4 Mei 2021 08:00 Reporter : Rizky Wahyu Permana

Merdeka.com - Salah satu hal yang biasa terjadi pada banyak orang ketika berpuasa adalah munculnya rasa kantuk di siang hari. Hal ini bahkan memancing munculnya ungkapan 'hawa orang berpuasa'. Namun benarkah rasa kantuk ini akibat berpuasa?

Dokter spesialis penyakit dalam konsultan endokrin metabolik diabetes dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Suharko Soebardi menyatakan, puasa bukan penyebab seseorang merasa lebih mengantuk selama Ramadan.

"Bukan masalah puasa. Puasa mungkin karena perubahan pola karena kita sahur (bangun lebih awal sebelum subuh)," ujar dia dalam virtual JEC Eye Talks beberapa waktu lalu dilansir dari Antara.

Suharko yang berpraktik di JEC Eye Hospitals and Clinics menekankan pentingnya kecukupan istirahat, yang bisa secara utuh ataupun terbagi menjadi beberapa waktu. Anda bisa tidur tidak terlalu larut saat malam hingga menjelang sahur atau membagi waktu tidur sampai kebutuhan tidur dapat tercukupi.

Tidur siang hari selama 20-25 menit juga bisa menjadi cara menjaga kecukupan tidur, menurut konsultan tidur di Burjeel Hospital, Abu Dhabi, Dr. Supriya Sundaram. Dia mengingatkan Anda tidak berlebihan saat tidur siang karena berisiko membuat tubuh lebih lelah.

Baca Selanjutnya: Pastikan untuk Menjaga Kebugaran Tubuh...

Halaman

(mdk/RWP)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami