Rahasia turunkan berat badan dengan minum air putih

SEHAT | 25 April 2018 09:17 Reporter : Merdeka

Merdeka.com - Konsumsi air putih yang cukup akan membantu proses metabolisme tubuh Anda. Tak hanya itu, ternyata minum air di waktu yang tepat juga membantu menurunkan berat badan.

Misalnya saat muncul perasaan lapar, bisa jadi bukan karena perlu makan tapi kurang asupan air putih. Itu sebabnya disarankan untuk minum air putih sekitar delapan gelas sehari atau lebih bila tingkat aktivitas fisik tinggi.

Berikut delapan waktu terbaik minum air putih untuk kesehatan, termasuk dalam penurunan berat badan seperti mengutip Everyday Health berikut:

1. Usai bangun tidur

Segera penuhi asupan cairan dengan minum air putih usai bangun tidur. Segelas air putih di pagi hari membantu tubuh untuk segera bangun dan beraktivitas. Selain itu, kehadiran air membantu tubuh mendorong keluar radikal bebas dan residu dari kalori yang terbakar untuk metabolisme tubuh semalam.

2. Sebelum makan

Minum air putih sebelum makan membantu seseorang merasa lebih kenyang. Itu artinya, jumlah makanan yang masuk ke tubuh lebih sedikit.

Selain itu, dengan minum sebelum makan akan melembapkan lapisan lambung. Hal ini membantu mengurangi rasa tak nyaman saat makan. Sesudah makan, jangan lupa juga untuk kembali minum air putih ya.

1 dari 2 halaman

8 waktu terbaik minum air putih untuk turunkan berat badan (2)

Ilustrasi minum air. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/BestPhotoStudio

3. Saat lapar

Ketika mulai terasa lapar padahal belum jam makan, coba minum segelas air putih. Orang-orang yang dehidrasi kerap merasa lapar, padahal sesungguhnya hanya butuh air putih.

4. Sebelum makan camilan

Jika ingin makan camilan, minum air putih dulu ya. Kehadiran air putih membantu Anda merasa kenyang, sehingga asupan kalori lebih terkendali.

5. Sebelum olahraga

Ketika tubuh terhidrasi, membuat sirkulasi tubuh terjaga. Kemampuan tubuh untuk menjaga dari serangan panas lebih baik.

 

 

2 dari 2 halaman

8 waktu terbaik minum air putih untuk turunkan berat badan (3)

Minumlah air yang banyak ketika ada orang di sekitar Anda sedang sakit. ©Shutterstock/Pressmaster

6. Sesudah olahraga

Setelah olahraga yang menghabiskan banyak tenaga, segera minum air putih untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Jumlah air putih yang diminum tergantung berat badan, kondisi kesehatan, serta suhu lingkungan. Namun, pastikan tidak minum terlalu banyak air terlalu buru-buru. Karena bisa menyebabkan kram perut.

7. Saat orang di sekeliling sakit

Ketika anggota keluarga atau rekan kerja jatuh sakit, minumlah lebih banyak air putih untuk membantu membersihkan tubuh dari kuman dan virus yang mungkin masuk. Tubuh yang terhidrasi dengan baik mendorong kuman jahat untuk keluar.

8. Saat sakit

Ketika flu, demam, atau sakit yang lain minumlah banyak air putih. Bisa juga minum jus atau sup yang kaya air.

Reporter: Benedikta Desideria

Sumber: Liputan6.com

(mdk/ita)

TOPIK TERKAIT