Rasa cemas bikin orang jadi sering haus?

Rasa cemas bikin orang jadi sering haus?
SEHAT | 22 Juli 2016 07:20 Reporter : Febrianti Diah Kusumaningrum

Merdeka.com - Rasa haus wajar dialami oleh semua orang. Namun lebih baik waspadalah ketika rasa haus mulai terasa berlebihan. Jika Anda merasa haus terus-menerus dalam tingkat yang ekstrem, jangan berpikir itu adalah rasa haus biasa.

Rasa haus yang berlebihan bisa berkaitan dengan banyak hal, terutama masalah kesehatan pada tubuh. Berikut adalah beberapa pemicu rasa haus berlebihan yang jarang diketahui, seperti dilansir oleh Health Site.

Gula darah tak stabil

Ketika tingkat gula darah tak stabil, seperti saat terkena diabetes atau ada masalah dengan kesehatan ginjal, biasanya seseorang akan merasa haus. Ini biasanya disebabkan oleh tingkat gula dalam darah yang berlebihan. Ketika ini terjadi, gula akan masuk ke urine dan mengeluarkan banyak air juga.

Hal ini akan menyebabkan asupan air dalam tubuh menurun dan berkurang sehingga tubuh kekurangan cairan dan memicu rasa haus. Karena itu tak heran jika rasa haus yang berlebihan juga bisa menjadi salah satu gejala diabetes tipe-1. Saat ini sudah banyak anak-anak dan orang dewasa yang terdiagnosis terkena diabetes tipe-1 dan memiliki gejala tersebut.

Dehidrasi

Tentunya bukan hal yang aneh ketika dehidrasi membuat tubuh merasa haus setiap waktu dan dalam tingkat yang ekstrem. Namun ketahui juga bahwa dehidrasi bisa menjadi gejala penyakit atau masalah kesehatan tertentu. Beberapa jenis penyakit bisa menyebabkan kekurangan air dan memicu dehidrasi.

Beberapa di antaranya adalah keracunan makanan, diare, kepanasan, infeksi, demam, dan lainnya. Ketika air dalam tubuh mulai berkurang Anda akan mengalami beberapa tanda seperti mulut yang kering, rasa lelah, dan rasa haus yang berlebihan. Beberapa gejala lain yang dialami seseorang saat dehidrasi adalah mual, muntah, dan pusing. Jika Anda mengalami dehidrasi sebaiknya segera minum air, karena dehidrasi jika tak segera ditangani juga bisa menyebabkan kondisi yang berbahaya dan fatal. (mdk/feb)

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami