Sakit flu dan muncul 10 gejala ini, jangan pernah dianggap sepele!

Sakit flu dan muncul 10 gejala ini, jangan pernah dianggap sepele!
SEHAT | 19 April 2017 00:01 Reporter : Yoga Tri Priyanto

Merdeka.com - Sebagian besar dari kita pasti pernah merasakan yang namanya flu. Dan kebanyakan dari kita akan selalu mengatakan bahwa flu itu akan sembuh sendiri seiring berjalannya waktu jika kita makan yang banyak.

Ini jelas anggapan bahwa flu bukan hal yang serius. Bahkan kita cenderung bisa mengobatinya sendiri tanpa bantuan dokter. Akan tetapi apakah Anda tahu bahwa ternyata ada kondisi-kondisi tertentu di mana flu perlu mendapat perhatian khusus. Terutama jika Anda memiliki asma, alergi parah, diabetes, penyakit ginjal, HIV, atau gangguan autoimun apapun.

Hal yang sama berlaku untuk wanita hamil, dan mereka yang berusia di bawah 6 tahun atau di atas 65 tahun. Fly mempengaruhi orang dan menyebabkan keadaan yang serius dari yang Anda pikirkan. Seperti apakah itu? Simak ulasannya berikut ini!

1 dari 10 halaman

Lebih dari tiga minggu

tiga mingguIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Jika batu atau flu yang Anda alami berlangsun lebih dari tiga minggu, maka Anda benar-benar perlu untuk pergi ke dokter. Apakah ini fatal?

Yang ditakutkan adalah munculnya gejala berkepanjangan ini dapat memicu asma, pneumonia, atau berbagai jenis patologi paru-paru.

2 dari 10 halaman

Sembuh lalu kumat lagi

kumat lagiIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Kadang-kadang Anda merasa sudah sehat dalam beberapa saat. Biasanya dalam hitungan jam atau hari. Namu nkemudian flu (terkadang disertai batuk) akan kembali datang menyerang. Bahkan lebih buruk lagi.

Ini adalah beberapa tanda-tanda darurat dan Anda benar-benar harus pergi ke dokter untuk memeriksa kondisi. Jangan disepelekan karena bisa jadi merupakan salah satu tanda flu Anda lebih serius dari yang Anda pikirkan sebelumnya.

3 dari 10 halaman

Ingus mulai berwarna

berwarnaIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Jika dahak atau ingus yang keluar dari hidung atau saat batuk mulai muncul warna, jangan disepelekan. pasalnya hal itu menandakan bahwa ada yang salah dalam diri Anda.

Besar kemungkinan hal tersebut dipicu oleh sel darah putih yang mencoba melawan infeksi dari dalam tubuh.

4 dari 10 halaman

Mata mulai gatal dan berair

gatal dan berairIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Flu yang parah, batuk yang parah, jika tidak segera diobati akan makin tak karuan. Biasanya ditandai dengan mata mulai gatal dan mungeluarkan air. Keluarnya air mata ini relatif sering, maka jangan dianggap remeh.

Hal ini ada kemungkinan bahwa Anda memiliki beberapa alergi. Dan bukan flu biasa seperti sebelumnya. Oleh karena itu segera konsultasikan kondisi Anda ke dokter.

5 dari 10 halaman

Berat badan turun

turunIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Ini lebih ekstrem lagi. Apabila Anda mengalami penurunan berat badan, bahkan jika Anda makan dengan cukup baik, maka ini bisa menjadi kondisi yang memprihatinkan.

Bukan apa-apa, hal ini dapat menjadi tanda-tanda 'hyperthyroidsm', infeksi bakteri, atau yang lebih menyakitkan lagi adalah HIV. Waduh!

6 dari 10 halaman

Dada terasa sesak

sesakIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Flu yang sudah dalam tingkat parah biasanya disertai dengan batuk. nah, batuk yang dikatakan parah adalah batuk yang dibarengi dengan sesak di bagian dada atau mengi. Ini bisa meningkatkan kemungkinan Anda terkena asma. Jelas, jangan pernah mengabaikan jika kondisi Anda sudah berada dalam fase ini.

7 dari 10 halaman

Nyeri di beberapa bagian tubuh

beberapa bagian tubuhIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Batuk biasanya mengakibatkan kram atau nyeri pada bagian perut. Nah, flu akan lebih mengerikan lagi. Flu yang dikatakan parah akan mengakibatkan Anda merasakan nyeri atau tekanan dalam setiap bagian tertentu pada tubuh. Anda harus sadar itu.

Misalnya infeksi sinus dapat memicu rasa nyeri dan sakit pada bagian hidung atau bahkan gigi Anda. Hati-hati!

8 dari 10 halaman

Perut bermasalah

Ilustrasi flu parah. © Boldsky.com

Di fase ketika Anda harus memeriksakan kondisi ke dokter adalah saat Anda terserang flu dan mulai disertai dengan mual, muntah, atau diare. Jangan diremehkan!

9 dari 10 halaman

Sakit kepala dan terasa berat

dan terasa beratIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Mungkin sudah biasa jika Anda sedang flu dan disertai sakit kepala. Akan tetapi, sakit kepala di sini digambarkan pada sakit kepala yang benar-benar menyiksa. Kepala terasa berat, bahkan untuk tidur saja sakit.

Kondisi parah ini biasanya dibarengi dengan demam tinggi, leher terasa kaku, dan sulit untuk menggerakkan kepala karena saking sakitnya. Jangan pernah sepelekan kondisi ini karena bisa menjadi tanda dari penyakit meningitis.

10 dari 10 halaman

Badan terasa pegal dan nyeri

pegal dan nyeriIlustrasi flu parah. © Boldsky.com

Kondisi di mana Anda harus pergi ke dokter untuk berobat adalah saat flu dan disertai dengan timbulnya rasa sakit di seluruh tubuh.

Flu yang tergolong parah dapat membuat otot-otot dan tubuh merasa pegal, biasanya disertai dengan kelelahan dan menggigil. Ini juga merupakan salah satu gejala flu yang lebih serius dari yang Anda pikirkan. (mdk/ega)

Baca juga:
Duo bahan alami ini sanggup enyahkan flu dalam semalam
Terserang flu? Banjiri tubuh dengan air putih
Jangan remehkan, flu juga mematikan layaknya Ebola!
Tak hanya flu musiman, 6 penyakit ini sebabkan kamu demam
Jangan konsumsi antibiotik saat flu, ini alasannya!
Dibanding wanita, pria ternyata lebih mudah kena flu
Ketahui, Ini 4 penyebab hidung mampet selain flu
Ini khasiat ajaib bawang putih, atasi flu dalam 3 jam

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Alur BLT Dana Desa Hingga ke Tangan Warga - MERDEKA BICARA with Mendes Abdul Halim Iskandar

5